ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : Ahmad Randey Juliano Rasyid
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Karakteristik Streamer, Kualitas Konten, dan
Kualitas Platform Live Streaming Game terhadap Niat Keberlanjutan
untuk Menonton dan Niat Bermain Game
Pembimbing : Widia Resti Fitriani, S.Kom., M.Kom.
Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas live streaming meningkat secara drastis
sebagai akibat dari pandemi COVID-19, terutama live streaming terkait game. Tujuan
dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat
keberlanjutan untuk menonton live streaming terkait game dan niat bermain game dengan
menerapkan Flow Theory. Berdasarkan Flow Theory, niat keberlanjutan untuk menonton
dipengaruhi oleh flow experience. Penelitian ini mengidentifikasi tiga kategori faktor
utama yang memengaruhi flow experience, yaitu karakteristik streamer yang terdiri dari
interactivity, streamer skills, dan social presence, kualitas konten live streaming yang
terdiri dari entertainment dan informativeness, serta kualitas platform live streaming yang
terdiri dari technology & functional quality dan security. Selain itu, penelitian ini juga
menganalisis pengaruh niat keberlanjutan untuk menonton live streaming terkait game
terhadap niat bermain game yang dimainkan oleh streamer. Penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan metode kuantitatif melalui survei. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan partial least square structural equation modeling terhadap data dari 470
responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interactivity, social presence,
entertainment, technology & functional quality, dan security memengaruhi flow
experience, sedangkan streamer skills dan informativeness tidak memengaruhi flow
experience. Selain itu, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa flow experience
memengaruhi continuous watching intention, dan continuous watching intention
memengaruhi play intention. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan
manfaat secara teoritis kepada penelitian selanjutnya terkait live streaming, serta
memberikan manfaat secara praktis kepada streamer, pengembang platform live
streaming, dan perusahaan pengembangan game.
Kata kunci:
Live streaming, streamer, gaming, niat keberlanjutan untuk menonton, niat bermain, flow
theory
|