ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : Fadhila Humairah, Rizky Pratama Nataprawira
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI
KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP
OMNICHANNEL RETAILING DAN DAMPAKNYA
TERHADAP PURCHASE INTENTION: ANALISIS
MULTIGROUP BERDASARKAN JENIS KELAMIN
DAN USIA
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom &
Fatimah Azzahro, S.Kom., M.Kom., M.Sc.
Ritel omnichannel merupakan suatu aktivitas perniagaan yang mengintegrasikan seluruh
saluran pembelian untuk menciptakan pengalaman belanja yang mulus. Implementasi
omnichannel sendiri sudah banyak dilakukan oleh perusahaan ritel di Indonesia karena
manfaatnya. Namun, aktivitas belanja melalui ritel omnichannel masih sedikit dilakukan
dibandingkan dengan aktivitas belanja secara tradisional. Hal tersebut terjadi karena
kepercayaan masyarakat yang cenderung menurun ketika menghadapi ketidakpastian yang
ada pada ritel omnichannel. Rasa kepercayaan dapat ditingkatkan dengan meningkatkan
antesedennya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor
kepercayaan yang memengaruhi niat belanja melalui ritel omnichannel dengan model
trust-based consumer decision making. Penelitian ini menggunakan metode mixed-method.
Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada masyarakat
Indonesia yang pernah berbelanja melalui ritel omninchannel. Sebanyak 523 data berhasil
dikumpulkan yang kemudian diolah dan dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least
Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Selanjutnya, dilanjutkan penelitian
kualitatif dengan melakukan wawancara dengan enam responden untuk mendukung hasil
penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa channel integration quality,
reputation, familiarity, consumer disposition to trust, dan perceived usefulness memengaruhi
trust; channel integration quality, reputation, word-of-mouth dan familiarity memengaruhi
perceived usefulness; dan trust serta perceived usefulness memengaruhi purchase intention.
Selain itu, ditemukan juga bahwa jenis kelamin memberi perbedaan pada faktor-faktor yang
memengaruhi trust dan perceived usefulness serta usia yang memberi perbedaan pada
faktor-faktor yang memengaruhi trust, perceived usefulness, dan purchase intention.
Kata kunci: ritel omnichannel, trust-based consumer decision-making, antecedents of trust,
trust, perceived usefulness, purchase intention, PLS-SEM
|