ABSTRAK
Kawn POS merupakan salah satu produk aplikasi penyedia layanan service POS (Point
of Sales) berdiri sejak tahun 2018 yang dikembangkan oleh salah satu perusahan
teknologi swasta di daerah Jakarta Selatan, yaitu PT IndoSterling Technomedia Tbk.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna aplikasi Kawn POS
dalam meningkatkan loyalitas dan pengalaman pengguna untuk mempertahankan
pengguna agar tidak kehilangan sumber pemasukan potensial PT. IndoSterling
Technomedia Tbk. Evaluasi pengalaman pengguna dan usability dilakukan menggunakan
User Experience Questionnaire (UEQ), System Usability Scale, Usability Testing dan
Wawancara Kontekstual. Hasil dari analisis yang dilakukan menjadi acuan dalam
pengembangan desain perbaikan berupa prototipe sebagai hasil akhir dari penelitian ini.
Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kumpulan feedback dari kuesioner yang
disebar kepada seluruh pengguna Kawn POS. Terdapat 67 responden yang terlibat dalam
pengisian kuesioner yang telah disebarkan, dan terdapat tujuh pengguna yang terlibat
dalam Usability Testing dan Wawancara Kontekstual. Hasil evaluasi UEQ menunjukkan
nilai UEQ sudah berada di level yang positif. Namun, ketika menggunakan metode
usability testing dan wawancara tekstual ditemukan beberapa area yang perlu dilakukan
perbaikan seperti konsistensi bahasa, serta penambahan fitur penghapusan dan edit
product ketika dalam proses penjualan. Rekomendasi desain perbaikan yang dilakukan
akan dapat menjadi pertimbangan untuk meningkatkan usability dan kepuasan pengguna
aplikasi Kawn POS.
|