ABSTRAK

Media sosial Lemon8 merupakan media sosial yang berfokus pada gaya hidup dan hadir di Indonesia pada tahun 2020. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi intensi adopsi berkelanjutan media sosial gaya hidup, khususnya pada platform Lemon8 di Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis PLS-SEM menggunakan SmartPLS 4.0, dengan mengintegrasikan model Expectation Confirmation Model (ECM) yang terdiri dari faktor utama ECM yaitu Perceived Usefulness, Confirmation of Expectation, Satisfaction dan Continuance Intention serta variabel tambahan dari penelitian terdahulu mengenai adopsi media sosial berkelanjutan seperti User Preference yang terdiri dari faktor Compatibility dan Anticipated Extrinsic Rewards, Technology Experience yang terdiri dari faktor Perceived Gratification dan Content Quality, dan Social Influence yang terdiri dari Social Enhancement Value dan Critical Mass. Penelitian ini melibatkan 233 responden melalui kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel seperti Compatibility, Content Quality, Critical Mass dan Anticipated Extrinsic Rewards berpengaruh dalam meningkatkan Continuance Intention pada media sosial Lemon8 melalui Perceived Usefulness. Namun, variabel lain seperti Social Enhancement Value dan Perceived Gratification tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap adopsi Lemon8. Penelitian ini diharapkan dapat melengkapi penelitian sebelumnya terkait adopsi media sosial secara berkelanjutan dan memberikan wawasan praktis kepada tim pengembang Lemon8 agar dapat melakukan strategi pengembangan fitur dan bisnis yang lebih efektif.