ABSTRAK
Media sosial Lemon8 merupakan media sosial yang berfokus pada gaya hidup dan hadir
di Indonesia pada tahun 2020. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi intensi adopsi berkelanjutan media sosial gaya hidup,
khususnya pada platform Lemon8 di Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis
PLS-SEM menggunakan SmartPLS 4.0, dengan mengintegrasikan model Expectation
Confirmation Model (ECM) yang terdiri dari faktor utama ECM yaitu Perceived
Usefulness, Confirmation of Expectation, Satisfaction dan Continuance Intention serta
variabel tambahan dari penelitian terdahulu mengenai adopsi media sosial berkelanjutan
seperti User Preference yang terdiri dari faktor Compatibility dan Anticipated Extrinsic
Rewards, Technology Experience yang terdiri dari faktor Perceived Gratification dan
Content Quality, dan Social Influence yang terdiri dari Social Enhancement Value dan
Critical Mass. Penelitian ini melibatkan 233 responden melalui kuesioner online. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel seperti Compatibility, Content Quality, Critical
Mass dan Anticipated Extrinsic Rewards berpengaruh dalam meningkatkan Continuance
Intention pada media sosial Lemon8 melalui Perceived Usefulness. Namun, variabel lain
seperti Social Enhancement Value dan Perceived Gratification tidak menunjukkan
pengaruh yang signifikan terhadap adopsi Lemon8. Penelitian ini diharapkan dapat
melengkapi penelitian sebelumnya terkait adopsi media sosial secara berkelanjutan dan
memberikan wawasan praktis kepada tim pengembang Lemon8 agar dapat melakukan
strategi pengembangan fitur dan bisnis yang lebih efektif.
|