ABSTRAK
Nama : Firman Edo Junyet, Mohammad Hafizh Dwiandra Ramadhan,
Muhammad Arsyanda Tjandra
Program Studi : Sistem Informasi dan Ilmu Komputer
Judul : “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Perpindahan
Pembelian Tiket Bioskop dari Konvensional ke Mobile Applications
berdasarkan Teori Push-Pull-Mooring“
Pembimbing : Prof. Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc., Ika Chandra Hapsari,
S.Kom., M.Kom
Pandemi COVID-19 telah berperan menjadi faktor dalam mengubah kebiasaan
pembelian tiket di seluruh dunia, dari konvensional ke mobile application pembelian
tiket bioskop. Hal ini juga berlaku pada tiket bioskop untuk menonton film di seluruh
dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Platform pembelian tiket digital yang ada saat ini,
menawarkan berbagai macam kemudahan kepada pembeli. Meskipun demikian, masih
cukup banyak pembeli yang masih bertahan untuk membeli tiket secara konvensional.
Masih rendahnya nilai konversi ini, menunjukkan adanya faktor penghambat dalam
adopsi teknologi pembelian tiket yang lebih modern. Berdasarkan isu tersebut, penulis
melakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memberikan
pengaruh terhadap keputusan masyarakat Indonesia dalam memilih layanan mobile
application untuk membeli tiket bioskop. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Push-Pull-Mooring (PPM). Data kuantitatif yang dikumpulkan dalam penelitian
ini adalah 520 responden yang mengisi kuesioner dan 30 narasumber sebagai sumber
data kualitatif. Data kuantitatif yang diolah menggunakan metode PLS-SEM, dan data
kualitataif diolah dengan metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa, push factor, pull factor, dan mooring factor berpengaruh terhadap switching
intention ke mobile application pembelian tiket bioskop. Manfaat penelitian ini adalah
untuk menjadi referensi penelitian selanjutnya, dan referensi untuk pihak pengembang
aplikasi mobile tiket bioskop dalam meningkatkan layanan pembelian tiket bioskop.
Kata kunci : mobile application, switching intention, push-pull-mooring, PLS-SEM
|