ABSTRAK
Nama
: Endina Putri Purwandari
Program Studi : Doktor Ilmu Komputer
Judul
: Pembelajaran Daring Adaptif untuk Mendukung Keterampilan
Berpikir Kritis Berdasarkan Kerangka Kerja Komunitas Inkuiri di
Perguruan Tinggi
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc.
2. Prof. Harry Budi Santoso S. Kom., M. Kom., Ph.D.
Pembelajaran daring adaptif menekankan pada sistem yang mampu mengambil
keputusan secara otomatis untuk mengakomodasi proses belajar, menyesuaikan konten,
dan aktivitas pembelajaran mengikuti kebutuhan karakteristik individu. Penelitian ini
bertujuan menghasilkan pembelajaran daring adaptif yang mendukung keterampilan
berpikir kritis menggunakan kerangka kerja komunitas inkuiri di perguruan tinggi.
Tahapan pengembangan sistem terdiri dari empat, yaitu (1) analisis studi literatur dan
kesiapan awal kelas; (2) pengembangan model sistem; (3) pembangunan sistem berbasis
daring dengan model desain instruksional ADDIE dan model pengembangan perangkat
lunak sekuensial linier; (4) evaluasi hasil implementasi rancangan sistem dengan analisis
kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan selama dua bulan dengan lima modul
tentang Pemrograman Java. Kelas penelitian terbagi menjadi (1) uji skala terbatas; (2)
kelas kontrol; dan (3) kelas eksperimen.
Hasil analisis kesiapan awal kelas menunjukkan mahasiswa pengguna aplikasi telah siap
mengonstruksi kerangka kerja komunitas inkuiri dalam pembelajaran daring. Analisis
studi literatur menunjukkan taksonomi Bloom sebagai kerangka teori dan pengukuran
pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
Pengembangan sistem menghasilkan empat model yaitu model siswa, adaptasi, konten,
dan instruksi. Komponen model adaptasi mendukung peningkatan keterampilan berpikir
kritis melalui (1) tingkatan materi; (2) aktivitas pembelajaran; (3) penilaian tes; dan (4)
aturan variabel logika Fuzzy. Komponen model konten mengikuti kerangka kerja
komunitas inkuiri terutama kehadiran kognitif. Aktivitas pembelajaran adaptif yaitu
materi, video pembelajaran, materi pengayaan, tugas individu, tugas kelompok, kuis,
contoh soal, dan forum diskusi.
Hasil evaluasi implementasi menunjukkan SUS di skala terbatas dan kelas eksperimen
berada pada tingkat baik. Hasil evaluasi usability menunjukkan tingkat keberhasilan yang
tinggi. Forum diskusi menggunakan kerangka komunitas inkuiri dapat menghasilkan
kehadiran kognitif tertinggi pada komentar eksplorasi, kemudian integrasi, pemicu, dan
resolusi. Hasil analisis statistik dan evaluasi seluruh komponen model menunjukkan
pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini
menghasilkan model dan sistem pembelajaran daring adaptif yang menggunakan
kerangka kerja komunitas inkuiri pada kehadiran kognitif. Kajian ini mendukung
peningkatan keterampilan berpikir kritis di perguruan tinggi.
Kata kunci: berpikir kritis, komunitas inkuiri, pembelajaran adaptif, pendidikan daring,
perguruan tinggi.
|