ABSTRAK
PT XYZ merupakan perusahaan penyedia jasa layanan konsultasi manajemen yang
membentuk tim pengembangan perangkat lunak. Untuk mendukung bisnis internal tim
pengembang mengembangkan aplikasi dan diharapkan menjadi produk bernilai jual.
Proyek pengembangan yang dikerjakan mengalami keterlambatan dan penangguhan
sehingga penelitian ini berfokus untuk menyelesaikan akar masalah. Penelitian ini
melakukan evaluasi pelaksanaan manajemen proyek pada tim kecil dengan pendekatan
CMMI 3.0 serta standar ISO 9001:2015 yang dapat diterapkan untuk organisasi dengan
tim kecil. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan kuantitatif melalui
kuesioner dan penilaian SCAMPI C yang disesuaikan. Pemetaan project roadmap CMMI
1.3 ke Practice Area CMMI 3.0 dan resolusi CMMI menghasilkan lima Practice Area
yaitu Planning (PLAN), Estimating (EST), Monitor and Control (MC), Process Quality
Assurance (PQA), dan Requirement Development and Management (RDM). Practice
dari Practice Area CMMI 3.0 terpilih dipetakan terhadap persyaratan ISO 9001:2015.
Pemetaan ini menyederhanakan 50 practice dari practice area terpilih menjadi 43
practice yang digunakan sebagai karakteristik penilaian. Berdasarkan hasil evaluasi, PT
XYZ belum memiliki kapabilitas dalam semua practice area CMMI 3.0. Hasil temuan
dalam evaluasi disusun berdasarkan kriteria yang terdapat dalam ISO 9001:2015 dan
didapatkan 20 temuan hasil evaluasi. Penyusunan rekomendasi perbaikan menggunakan
model CMMI for Continous Improvement.
|