ABSTRAK
Nama
: Michael Wong
Program Studi
: Sistem Informasi
Judul
: Analisis Faktor Yang Memengaruhi Niat Beralih Pengguna
Langganan Aplikasi Weverse Dari Gratis Ke Berbayar
Dengan Pendekatan Push-Pull-Mooring
Pembimbing
: Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom
Fathia Prinastiti Sunarso S.Kom., M.Sc.
Berkembangnya tren Hallyu wave yang semakin pesat secara global membuat
pertumbuhan kelompok penggemar (fanbase) juga semakin cepat. Digitalisasi teknologi
mampu menciptakan fandom community platform untuk memfasilitasi penggemar dan
idola dalam satu ruang digital sehingga memudahkan proses interaksi, contohnya
Weverse. Weverse merupakan salah satu aplikasi fandom community platform yang
memiliki model bisnis berbasis langganan berbayar, yang mengubah pengguna menjadi
membership dalam suatu komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi
faktor push, pull, dan mooring yang memengaruhi niat pengguna langganan aplikasi
Weverse dari gratis ke berbayar. Teori yang digunakan pada penelitian adalah teori
Consumer Switching Behavior (CSB) dan menggunakan pendekatan Push-Pull-Mooring
(PPM) sebagai salah satu kerangka kerja yang dikenal untuk meneliti switching intention.
Penelitian memiliki 153 responden valid yang setidaknya pernah berlangganan satu kali
pada komunitas Weverse. Dengan menggunakan mix method dan analisis dengan PLSSEM,
ditemukan
bahwa
alternative
attractiveness,
low
satisfaction,
dan
social
influence
berpengaruh
secara
positif
terhadap
switching
intention.
Sementara
itu,
content
richness,
perceived
exclusivity, fanaticism, functional deprivation, dan switching cost tidak
berpengaruh pada switching intention. Dari temuan tersebut, penelitian ini berkontribusi
dalam mengisi celah penelitian terkait analisis penggunaan layanan fandom community
platform khususnya Weverse, yang belum pernah diteliti sebelumnya. Selain itu,
penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pihak Weverse untuk
mengevaluasi layanan mereka sehingga semakin banyak pengguna yang beralih dari
langganan gratis ke berbayar (membership).
Kata kunci:
Fandom community platform, Weverse, Consumer Switching Behavior, Push-PullMooring,
PLS-SEM,
Switching
Intention
|