ABSTRAK

Nama : Meutia Khalbi Yuventa, Achmad Ghifari Taufiqurrachman Program Studi : Sistem Informasi Judul : Evaluasi Desain Antarmuka dan Usability Sistem PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Menggunakan Metode User Centered Design Pembimbing 1 : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Pembimbing 2 : Muhammad Mishbah S.Kom., M.Kom Pejabat pengelola informasi dan dokumentasi atau PPID adalah sistem layanan informasi Kata kunci: Usability, desain antarmuka, Kementerian Luar Negeri, PPID Kemlu, user-centered design, UCD publik yang dimiliki oleh Kementerian Luar Negeri RI atau Kemlu RI. PPID bertugas melaksanakan kegiatan penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi publik. PPID merupakan implementasi Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Website PPID Kementerian Luar Negeri dapat diakses melalui tautan berikut https://e-ppid.kemlu.go.id/. Tetapi berdasarkan evaluasi singkat terhadap desain antarmuka website PPID Kemlu RI masih terdapat kekurangan pada aspek user experience. Berdasarkan landasan desain yang kami pakai yaitu Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design masih terdapat kekurangan dalam poin offer informative feedback, cater to universal usability, strive for consistency. Adanya penelitian ini ditujukan untuk memperdalam pemahaman mengenai permasalahan yang dirasakan oleh pengguna. Dari pemahaman tersebut akan diberikan output berupa desain alternatif website PPID Kemlu RI yang di desain dengan pendekatan User Centered Design (UCD). Selain itu, terdapat pula evaluasi desain antarmuka atau User Interface (UI) dan usability dengan metode usability testing dan contextual interview. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain antarmuka yang memiliki skor evaluasi yang baik, dengan rata-rata success rate pada usability testing sebesar 97,8%. Penelitian ini kemudian ditutup dengan saran yang dapat diterapkan pada penelitian selanjutnya.