ABSTRAK
Nama : Meutia Khalbi Yuventa, Achmad Ghifari Taufiqurrachman
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Evaluasi Desain Antarmuka dan Usability Sistem PPID (Pejabat
Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Kementerian Luar Negeri
Republik Indonesia Menggunakan Metode User Centered Design
Pembimbing 1 : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Pembimbing 2 : Muhammad Mishbah S.Kom., M.Kom
Pejabat pengelola informasi dan dokumentasi atau PPID adalah sistem layanan informasi
Kata kunci:
Usability, desain antarmuka, Kementerian Luar Negeri, PPID Kemlu, user-centered
design, UCD
publik yang dimiliki oleh Kementerian Luar Negeri RI atau Kemlu RI. PPID bertugas
melaksanakan kegiatan penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan
informasi publik. PPID merupakan implementasi Undang-Undang No. 14 Tahun 2008
tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Website PPID Kementerian Luar
Negeri dapat diakses melalui tautan berikut https://e-ppid.kemlu.go.id/. Tetapi
berdasarkan evaluasi singkat terhadap desain antarmuka website PPID Kemlu RI masih
terdapat kekurangan pada aspek user experience. Berdasarkan landasan desain yang kami
pakai yaitu Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design masih terdapat
kekurangan dalam poin offer informative feedback, cater to universal usability, strive for
consistency. Adanya penelitian ini ditujukan untuk memperdalam pemahaman mengenai
permasalahan yang dirasakan oleh pengguna. Dari pemahaman tersebut akan diberikan
output berupa desain alternatif website PPID Kemlu RI yang di desain dengan pendekatan
User Centered Design (UCD). Selain itu, terdapat pula evaluasi desain antarmuka atau
User Interface (UI) dan usability dengan metode usability testing dan contextual
interview. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain antarmuka yang memiliki skor
evaluasi yang baik, dengan rata-rata success rate pada usability testing sebesar 97,8%.
Penelitian ini kemudian ditutup dengan saran yang dapat diterapkan pada penelitian
selanjutnya.
|