ABSTRAK
CIT sebagai salah satu Divisi di PT XYZ yang berfokus pada pengelolaan Teknologi
Informasi dan Infrastruktur TI, memiliki Tata Kelola TI yang secara regular (tahunan)
diaudit oleh pihak internal maupun eksternal. Jika melihat dari catatan pengukuran
kapabilitas TI yang pernah dilakukan di tahun 2017, terdapat 37 proses yang diukur.
Hasilnya adalah 21 proses berada di tingkat kapabilitas 1, 12 proses berada di tingkat
kapabilitas 0 dan 4 proses berada di tingkat kapabilitas 2. Selain itu, di tahun 2019
dilakukan pengukuran oleh pihak eksternal dan menunjukkan dari 6 porses yang diukur,
semuanya berada di tingkat 1. Namun, dari data hasil Audit regular di tahun 2018 - 2020,
hasil audit tersebut menunjukkan hasil yang belum mencapai target kepatuhan yang
ditetapkan (95%). Untuk mengetahui tingkat kapabilitas TI dan aksi perbaikan yang dapat
dilakukan untuk dapat mencapai target audit di tahun selanjutnya, peneliti melakukan
pengukuran kapabilitas Tata Kelola TI menggunakan COBIT 2019. Pemetaan proses
dilakukan menggunakan Goal Cascade. Dari hasil pemetaan Goal Cascade dilakukan
prioritas pengukuran, dan diperoleh sembilan proses. Kemudian, menghitung tingkat
kapabilias menggunakan perhitungan kapabilitas COBIT 2019, yang melibatkan
jangkauan atau skala penilaian. Setelah itu, dilakukan analisis kesenjangan antara hasil
pengukuran dengan target yang telah ditetapkan. Target yang ditetapkan adalah level 3.
Proses yang tingkat kapabilitasnya dibawah 3, akan mendapatkan rekomendasi
perbaikan. Hasilnya, dari sembilan proses yang diukur, terdapat tiga proses dengan
tingkat kapabilitas 4 (Quantitatively), lima proses dengan tingkat kapabilitas dua (Not
Very Organized), dan satu proses dengan tingkat kapabilitas 1 (Incomplete).
|