ABSTRAK

CIT sebagai salah satu Divisi di PT XYZ yang berfokus pada pengelolaan Teknologi Informasi dan Infrastruktur TI, memiliki Tata Kelola TI yang secara regular (tahunan) diaudit oleh pihak internal maupun eksternal. Jika melihat dari catatan pengukuran kapabilitas TI yang pernah dilakukan di tahun 2017, terdapat 37 proses yang diukur. Hasilnya adalah 21 proses berada di tingkat kapabilitas 1, 12 proses berada di tingkat kapabilitas 0 dan 4 proses berada di tingkat kapabilitas 2. Selain itu, di tahun 2019 dilakukan pengukuran oleh pihak eksternal dan menunjukkan dari 6 porses yang diukur, semuanya berada di tingkat 1. Namun, dari data hasil Audit regular di tahun 2018 - 2020, hasil audit tersebut menunjukkan hasil yang belum mencapai target kepatuhan yang ditetapkan (95%). Untuk mengetahui tingkat kapabilitas TI dan aksi perbaikan yang dapat dilakukan untuk dapat mencapai target audit di tahun selanjutnya, peneliti melakukan pengukuran kapabilitas Tata Kelola TI menggunakan COBIT 2019. Pemetaan proses dilakukan menggunakan Goal Cascade. Dari hasil pemetaan Goal Cascade dilakukan prioritas pengukuran, dan diperoleh sembilan proses. Kemudian, menghitung tingkat kapabilias menggunakan perhitungan kapabilitas COBIT 2019, yang melibatkan jangkauan atau skala penilaian. Setelah itu, dilakukan analisis kesenjangan antara hasil pengukuran dengan target yang telah ditetapkan. Target yang ditetapkan adalah level 3. Proses yang tingkat kapabilitasnya dibawah 3, akan mendapatkan rekomendasi perbaikan. Hasilnya, dari sembilan proses yang diukur, terdapat tiga proses dengan tingkat kapabilitas 4 (Quantitatively), lima proses dengan tingkat kapabilitas dua (Not Very Organized), dan satu proses dengan tingkat kapabilitas 1 (Incomplete).