ABSTRAK
Jumlah pemain video game di dunia terus meningkat setiap tahunnya. Mudahnya akses
game tentunya membuat tidak sedikit orang yang mengalami adiksi. Pada tahun 2019
WHO menetapkan adiksi pada game sebagai sebuah penyakit. Dari berbagai genre, salah
satu yang paling membuat adiksi adalah genre MMORPG. Saat ini game MMORPG yang
menguasai pasar adalah Final Fantasy XIV dengan 27 juta pemain. Penelitian ini berusaha
untuk mengetahui faktor apa saja yang mendorong adiksi pada game MMORPG
khususnya Final Fantsay XIV. Penlitian ini menggunakan teori MMORPG Affordance
dan Motivation Factors sebagai model penelitian. Berdasarkan 132 data yang valid,
terdapat tiga hipotesis yang signifikan dalam mempengaruhi adiksi. Penelitian ini
memberikan pembuat kebijakan dan pengambil keputusan wawasan untuk mencegah
kecanduan MMORPG untuk menciptakan taman bermain virtual yang sehat.
|