ABSTRAK
Nama : Isabelle Yansim; Nathanael Horasi Ondiraja; Regina Febrian Pehry
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Niat Berpindah ke Layanan
Telekonsultasi dengan Pendekatan Affordance: Studi Kasus Halodoc
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. &
Dr. Nabila Clydea Harahap, S.Kom., M.Kom.
Kemajuan pesat di bidang teknologi digital telah menghadirkan perubahan yang
signifikan di berbagai sektor, termasuk kesehatan. Salah satunya adalah munculnya
layanan telekonsultasi yang memungkinkan individu untuk melakukan konsultasi medis
secara jarak jauh. Melalui studi kasus Halodoc, penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat pengguna untuk beralih dari metode
konsultasi konvensional ke platform telekonsultasi Halodoc, dengan menggunakan
pendekatan affordance. Pendekatan mixed-method digunakan dalam penelitian ini dengan
melakukan wawancara dengan 10 responden pada tahap kualitatif, yang bertujuan untuk
mengidentifikasi faktor-faktor affordance perception dari platform telekonsultasi
Halodoc. Terdapat enam konstruk affordance perception yang teridentifikasi dari layanan
telekonsultasi Halodoc, yakni accessibility, appointment scheduling, reminder, health
data sharing, payment, dan information clarity. Sementara itu, pada tahap kuantitatif
penelitian, data 413 responden dilakukan analisis dengan metode PLS-SEM untuk
memahami interaksi variabel-variabel pada model penelitian. Hasil analisis kuantitatif
menunjukkan bahwa health data sharing affordance dan information clarity affordance
berhasil memengaruhi niat beralih pengguna ke platform telekonsultasi secara signifikan
melalui variabel social presence dan perceived usefulness. Penelitian ini memberikan
kontribusi pada pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi niat berpindah ke
layanan telekonsultasi dan dapat membantu pengembangan strategi untuk meningkatkan
penggunaan layanan telekonsultasi.
Kata kunci:
Telekonsultasi, Affordance, Halodoc, TAM, Social Presence, Switching Intention¸
Grounded Theory, SEM-PLS
|