ABSTRAK
Nama : Kelvin Erlangga, Nugraha Aktwovhiday Abdullah Gymnastiar
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Switching Intention
Pengguna Platform Layanan Pesan Makanan dari Aplikasi
Pihak Ketiga ke Branded Applications Perusahaan Food &
Beverage
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom.
Dr. Nabila Clydea Harahap, S.Kom., M.Kom.
Perkembangan aplikasi Online Food Delivery (OFD) kian meningkat seiring dengan
tumbuhnya aplikasi mobile di Indonesia. Salah satu kategori dari aplikasi OFD yang
populer digunakan semenjak pandemi COVID-19 adalah aplikasi OFD yang dikelola
oleh third-party. Namun, aplikasi branded juga memiliki perkembangan dan popularitas
yang sangat pesat belakangan ini. Perkembangan tersebut memicu kompetisi antara
aplikasi OFD pihak ketiga dengan aplikasi resmi pihak restoran. Untuk menarik
pelanggan dari aplikasi OFD pihak ketiga, perusahaan Food & Beverage menawarkan
diskon, program loyalitas, dan fitur menarik lainnya. Strategi tersebut menimbulkan
kecenderungan bagi pengguna untuk beralih ke aplikasi Branded OFD milik perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor Push, Pull, dan
Mooring (PPM) yang memengaruhi switching intention pengguna platform layanan
pesan makanan dari aplikasi pihak ketiga ke branded application perusahaan Food &
Beverage (F&B) di Indonesia. Penelitian ini mengimplementasikan pendekatan mixed
method berbasis eksploratif dengan data kualitatif dikumpulkan terlebih dahulu melalui
wawancara dan dilanjutkan data kuantitatif melalui kuesioner. Terdapat 12 narasumber
dan 561 responden kuesioner yang dikumpulkan datanya. Analisis data kualitatif
dilakukan dengan menggunakan thematic analysis dan analisis data kuantitatif dilakukan
dengan menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Model dengan bantuan
SmartPLS4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa faktor push (delivery risk
dan dissatisfaction), semua faktor pull (alternative attractiveness, application quality,
loyalty program, dan promotion), dan beberapa faktor mooring (brand love, switching
cost, social influence) memengaruhi switching intention. Sementara itu, ditemukan
bahwa perceived cost tidak memengaruhi dissatisfaction dan habit tidak memengaruhi
switching intention. Selain itu, ditemukan bahwa social influence memoderasi semua
hubungan pada faktor push (delivery risk, perceived cost, dan dissatisfaction). Akan
tetapi, social influence tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semua
hubungan pada faktor pull (alternative attractiveness, application quality, loyalty
program, dan promotion). Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan
kontribusi teoretis untuk penelitian selanjutnya dan kontribusi praktis untuk perusahaan
Food & Beverage di Indonesia.
Kata kunci:
Switching Intention, Branded Application, Online Food Delivery, Push-Pull-Mooring,
Thematic Analysis, Partial-Least-Square Structural Equation Model
|