ABSTRAK

Nama : Kelvin Erlangga, Nugraha Aktwovhiday Abdullah Gymnastiar Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Switching Intention Pengguna Platform Layanan Pesan Makanan dari Aplikasi Pihak Ketiga ke Branded Applications Perusahaan Food & Beverage Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. Dr. Nabila Clydea Harahap, S.Kom., M.Kom. Perkembangan aplikasi Online Food Delivery (OFD) kian meningkat seiring dengan tumbuhnya aplikasi mobile di Indonesia. Salah satu kategori dari aplikasi OFD yang populer digunakan semenjak pandemi COVID-19 adalah aplikasi OFD yang dikelola oleh third-party. Namun, aplikasi branded juga memiliki perkembangan dan popularitas yang sangat pesat belakangan ini. Perkembangan tersebut memicu kompetisi antara aplikasi OFD pihak ketiga dengan aplikasi resmi pihak restoran. Untuk menarik pelanggan dari aplikasi OFD pihak ketiga, perusahaan Food & Beverage menawarkan diskon, program loyalitas, dan fitur menarik lainnya. Strategi tersebut menimbulkan kecenderungan bagi pengguna untuk beralih ke aplikasi Branded OFD milik perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor Push, Pull, dan Mooring (PPM) yang memengaruhi switching intention pengguna platform layanan pesan makanan dari aplikasi pihak ketiga ke branded application perusahaan Food & Beverage (F&B) di Indonesia. Penelitian ini mengimplementasikan pendekatan mixed method berbasis eksploratif dengan data kualitatif dikumpulkan terlebih dahulu melalui wawancara dan dilanjutkan data kuantitatif melalui kuesioner. Terdapat 12 narasumber dan 561 responden kuesioner yang dikumpulkan datanya. Analisis data kualitatif dilakukan dengan menggunakan thematic analysis dan analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Model dengan bantuan SmartPLS4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa faktor push (delivery risk dan dissatisfaction), semua faktor pull (alternative attractiveness, application quality, loyalty program, dan promotion), dan beberapa faktor mooring (brand love, switching cost, social influence) memengaruhi switching intention. Sementara itu, ditemukan bahwa perceived cost tidak memengaruhi dissatisfaction dan habit tidak memengaruhi switching intention. Selain itu, ditemukan bahwa social influence memoderasi semua hubungan pada faktor push (delivery risk, perceived cost, dan dissatisfaction). Akan tetapi, social influence tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semua hubungan pada faktor pull (alternative attractiveness, application quality, loyalty program, dan promotion). Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis untuk penelitian selanjutnya dan kontribusi praktis untuk perusahaan Food & Beverage di Indonesia. Kata kunci: Switching Intention, Branded Application, Online Food Delivery, Push-Pull-Mooring, Thematic Analysis, Partial-Least-Square Structural Equation Model