ABSTRAK
Nama : Alifiyah Nur Rochmah Ariandri, Nadhira Rachma Salsabila
Anandra, Shabrina Salsabila Kurniawan
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Perceived Value, Brand Attachment, dan
Kepuasan Terhadap Perilaku Pengguna Aplikasi F&B
Berdasarkan Expectation-Confirmation Model
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, M.Kom. & Yekti
Wirani, S.T., M.T.I.
Aplikasi food and beverage (F&B) menjadi salah satu kategori aplikasi mobile dengan
unduhan terbanyak, sehingga membuat brand makanan dan minuman mengembangkan
aplikasi mereka sendiri. Namun, aplikasi tersebut menghadapi tantangan seperti rating
dan minat penggunaan yang rendah serta churn rate yang tinggi. Penelitian ini bertujuan
mengidentifikasi dimensi perceived value dan pengaruhnya terhadap kepuasan dan brand
attachment, serta pengaruh dari kepuasan dan brand attachment terhadap luaran perilaku
pengguna (behavioral outcomes) yaitu purchase intention, continuance intention, dan
word of mouth intention dalam konteks aplikasi F&B. Pendekatan mixed-method
digunakan dalam penelitian ini. Melalui analisis kualitatif dengan thematic analysis,
ditemukan lima dimensi perceived value, yaitu functional value, emotional value,
monetary value, epistemic value, dan conditional value. Temuan ini diintegrasikan
dengan social influence, Expectation-Confirmation Model (ECM), serta brand
attachment, dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan Partial Least Square
Structural Equation Model (PLS-SEM) terhadap 728 pengguna aplikasi F&B. Hasil
menunjukkan bahwa kelima dimensi perceived value memengaruhi kepuasan, dan hanya
functional value yang tidak memengaruhi brand attachment. Dimensi-dimensi perceived
value tersebut juga dipengaruhi oleh social influence dan confirmation, terkecuali untuk
dimensi functional value yang tidak dipengaruhi oleh social influence. Ditemukan juga
bahwa kepuasan dan brand attachment memengaruhi ketiga behavioral outcomes.
Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengembang dan perusahaan di berbagai
industri untuk meningkatkan kualitas aplikasi sehingga dapat mempertahankan pengguna
dan meningkatkan penjualan melalui aplikasi tersebut.
Kata kunci:
Branded App, Aplikasi F&B, Perceived Value, Brand Attachment, Kepuasan,
Expectation-Confirmation Model, Perilaku Pengguna, Purchase Intention, Continuance
Intention, Word of Mouth Intention
|