ABSTRAK
Nama Mahasiswa 1 : Muhammad Azhar Hassanuddin
Nama Mahasiswa 2 : Muhammad Ali Asadillah
Program Studi : Sarjana Ilmu Komputer
Judul : Pengembangan UI-Heritage: Platform Penyiaran
Arsip Multimedia Universitas Indonesia
Pembimbing : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom., M.Kom.
Dalam era yang ditandai dengan digitalisasi informasi dan penyebaran konten
multimedia yang pesat, universitas memainkan peran penting dalam melestarikan dan
menyebarkan aset akademik dan sejarah berharga. Universitas Indonesia telah memiliki
berbagai platform arsip seperti SEKAR dan OVIS, namun masih menghadapi tantangan
digitalisasi dan pengelolaan arsip yang belum optimal. Maka dari itu, skripsi ini
bertujuan untuk merancang antarmuka yang intuitif dan mampu memfasilitasi
penyimpanan, pengambilan, dan eksplorasi sumber daya multimedia yang beragam,
yaitu teks, gambar, dan video, untuk situs web arsip multimedia yang disesuaikan
dengan kebutuhan khusus Universitas Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif dan
campuran, penelitian ini dikembangkan dengan metode Software Development Life
Cycle dan User-Centered Design, yang menguraikan tahap pengembangan yang iteratif,
mulai dari penelitian pengguna dan analisis persyaratan hingga membuat wireframe,
prototyping, dan pengujian kegunaan. Hasilnya, sebuah platform yang diberi nama
UI-Heritage akan menjadi platform yang mensentralisasi data arsip universitas, desain
antarmuka dibuat lebih modern dan simpel, memiliki empat otorisasi peran pengguna
yakni pembaca, kontributor, verifikator, dan admin, optimalisasi fitur pencarian dan
kategorisasi, serta penyajian arsip multimedia yang terstruktur. Setelah dibandingkan
dengan SEKAR, keunggulan UI-Heritage terletak pada penggunaan prinsip desain yang
baik seperti Hierarchy of Information, Golden Ratio, Color Contrast, dan
Shneiderman’s Eight Golden Rule. Efektivitas desain kemudian diuji dengan SUS,
dimana dari 33 responden, didapatkan hasil rata-rata SUS sebesar 84,6 yang masuk
dalam kategori BAIK. Namun, beberapa kekurangan dari hasil UT, bahwa arsitektur
informasi yang dibuat menghilangkan beberapa bagian penting karena digabungkan
pada hamburger menu, belum adanya navigasi kembali, dan limitasi konten dan tata
cara penggunaan platform. Proses desain kemudian dilanjutkan pada implementasi
aplikasi. Pada akhirnya, skripsi ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam
kemajuan praktik arsip multimedia di universitas dengan menawarkan kerangka kerja
komprehensif untuk merancang antarmuka yang mendorong stakeholder dan warga
kampus untuk menjelajahi, berkontribusi, dan mendapatkan manfaat dari kekayaan
pengetahuan dan budaya yang tersimpan dalam arsip universitas.
Kata kunci:
Arsip, Multimedia, Usability, User Experience
|