ABSTRAK

Nama Mahasiswa 1 : Muhammad Azhar Hassanuddin Nama Mahasiswa 2 : Muhammad Ali Asadillah Program Studi : Sarjana Ilmu Komputer Judul : Pengembangan UI-Heritage: Platform Penyiaran Arsip Multimedia Universitas Indonesia Pembimbing : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom., M.Kom. Dalam era yang ditandai dengan digitalisasi informasi dan penyebaran konten multimedia yang pesat, universitas memainkan peran penting dalam melestarikan dan menyebarkan aset akademik dan sejarah berharga. Universitas Indonesia telah memiliki berbagai platform arsip seperti SEKAR dan OVIS, namun masih menghadapi tantangan digitalisasi dan pengelolaan arsip yang belum optimal. Maka dari itu, skripsi ini bertujuan untuk merancang antarmuka yang intuitif dan mampu memfasilitasi penyimpanan, pengambilan, dan eksplorasi sumber daya multimedia yang beragam, yaitu teks, gambar, dan video, untuk situs web arsip multimedia yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus Universitas Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif dan campuran, penelitian ini dikembangkan dengan metode Software Development Life Cycle dan User-Centered Design, yang menguraikan tahap pengembangan yang iteratif, mulai dari penelitian pengguna dan analisis persyaratan hingga membuat wireframe, prototyping, dan pengujian kegunaan. Hasilnya, sebuah platform yang diberi nama UI-Heritage akan menjadi platform yang mensentralisasi data arsip universitas, desain antarmuka dibuat lebih modern dan simpel, memiliki empat otorisasi peran pengguna yakni pembaca, kontributor, verifikator, dan admin, optimalisasi fitur pencarian dan kategorisasi, serta penyajian arsip multimedia yang terstruktur. Setelah dibandingkan dengan SEKAR, keunggulan UI-Heritage terletak pada penggunaan prinsip desain yang baik seperti Hierarchy of Information, Golden Ratio, Color Contrast, dan Shneiderman’s Eight Golden Rule. Efektivitas desain kemudian diuji dengan SUS, dimana dari 33 responden, didapatkan hasil rata-rata SUS sebesar 84,6 yang masuk dalam kategori BAIK. Namun, beberapa kekurangan dari hasil UT, bahwa arsitektur informasi yang dibuat menghilangkan beberapa bagian penting karena digabungkan pada hamburger menu, belum adanya navigasi kembali, dan limitasi konten dan tata cara penggunaan platform. Proses desain kemudian dilanjutkan pada implementasi aplikasi. Pada akhirnya, skripsi ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam kemajuan praktik arsip multimedia di universitas dengan menawarkan kerangka kerja komprehensif untuk merancang antarmuka yang mendorong stakeholder dan warga kampus untuk menjelajahi, berkontribusi, dan mendapatkan manfaat dari kekayaan pengetahuan dan budaya yang tersimpan dalam arsip universitas. Kata kunci: Arsip, Multimedia, Usability, User Experience