ABSTRAK

Nama : Mhd. Adhitiya Okta Riyandi Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Desain Gamifikasi Adaptif berdasarkan Hexad Player Type dan Octalysis Framework pada Platform Moodle Pembimbing : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Dr. Panca O. Hadi Putra, B.Sc (Hons), M.Bus. E-learning terus berkembang melalui penerapan berbagai metode untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih baik dan bermakna, salah satunya melalui penerapan gamifikasi. Gamifikasi bertujuan meningkatkan motivasi dan engagement, sembari memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada penggunanya. Gamifikasi berkembang dengan munculnya gamifikasi adaptif yang menyesuaikan elemen game yang diterapkan dengan profil atau karakteristik tertentu penggunanya. Penerapan gamifikasi adaptif dalam bidang pendidikan masih memiliki kekurangan, diantaranya metode adaptif metode adaptif yang didasarkan profil atau karakteristik tertentu masih perlu dikembangkan lebih jauh, seperti melakukan kombinasi antara dua atau lebih karakteristik serta menemukan elemen game yang sesuai sehingga dapat menjadi dasar rancangan tergamifikasi adaptif. Penelitian ini bertujuan mengisi kesenjangan tersebut melalui kombinasi preferensi pengguna Hexad Player Type dan profil motivasi pengguna berdasarkan Octalysis framework. Penelitian ini dilakukan secara mixed-method, dimana data kuantitatif diperoleh dari pengisian kuesioner dan data kualitatif melalui proses diskusi dan wawancara, baik dengan ahli di bidang gamifikasi pendidikan maupun partisipan penelitian. Penelitian ini akan menyusun profil pengguna gamifikasi adaptif berdasarkan Hexad Player Type dan Octalysis framework, menemukan elemen game yang sesuai, mendesain purwarupa yang menerapkan pendekatan tersebut, dan mengimplementasikannya pada platform Moodle. Purwarupa ini kemudian diujicobakan kepada partisipan yang kemudian melalui proses wawancara dan pengisian kuesioner AMS Bahasa Indonesia – Versi Singkat. Luaran Peneltiian ini antara lain kerangka kerja penelitian yang disusun berdasarkan preferensi dan motivasi pengguna, desain purwarupa gamifikasi adaptif yang menerapkan kerangka kerja penelitian, serta hasil evaluasi purwarupa yang menerpakan kerangka kerja penelitian. Purwarupa dibuat dalam bentuk desain yang diimplementasikan pada platform Moodle dan dievaluasi melalui percobaan dengan partisipan. Hasil evaluasi berbentuk data kuantitatif dan kualitatif. Kata Kunci: E-learning, Gamifikasi Adaptif, Hexad Player Type, Octalysis Framework, Motivation, Moodle