ABSTRAK
Nama Penulis 1 / Program Studi : Akbar Maliki Haqoni Jati / Ilmu Komputer
Nama Penulis 2 / Program Studi : Haikal Rahman / Ilmu Komputer
Judul : Multi UAV Data Streaming for Disaster Area Monitoring
Using FogVerse
Pembimbing : Muhammad Hafizhuddin Hilman, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Pencarian korban pada daerah bencana biasanya memiliki kondisi medan yang tidak
menguntungkan bagi penyelamat sehingga bisa menyebabkan korban yang ingin
diselamatkan tidak mendapatkan penanganan dalam tepat waktu. Sistem pencarian
korban berbasis Multi-UAV (Unmanned Aerial Vehicles) muncul sebagai solusi untuk
memfasilitasi operasi pencarian yang lebih mudah. Penggunaan perangkat Multi-UAV
dalam pencarian korban memerlukan aliran data yang besar, sering kali membebani
jaringan dan protokol yang ada, mengakibatkan ketidakstabilan dalam latensi dan
penurunan FPS (Frame Per Second). FogVerse, framework dengan model komunikasi
Publish-Subscribe, menawarkan solusi dengan sistem yang peka terhadap throughput,
sehingga menstabilkan latensi dan meningkatkan FPS, terutama di daerah bencana
dengan keterbatasan konektivitas internet. Sistem pencarian korban berbasis Multi-UAV
beroperasi dengan mendeteksi manusia di daerah bencana dengan model deep learning.
Penelitian ini mengatasi tantangan dalam pencarian korban dengan Multi-UAV dan
juga menunjukkan faktor-faktor yang dapat memengaruhi latensi, seperti penggunaan
CPU (Central Processing Unit), Memori, dan GPU (Graphics Processing Unit) dari
komponen yang terlibat dalam sistem. Di antara berbagai model, model YOLOv8n yang
telah dilakukan transfer learning dipilih dan dibandingkan dengan model awal sebelum
transfer learning. Model tersebut menunjukkan peningkatan dibanding model aslinya,
termasuk peningkatan precision/recall sebesar 0.384/0.562, peningkatan mAP sebesar
0.555, dan pengurangan waktu inferensi sebesar 2.2 ms. Model itu sendiri menunjukkan
peningkatan latensi rata-rata sekitar 9.775 milidetik di semua skenario. Meskipun
berkinerja sedikit lebih baik dalam hal FPS dengan 1 atau 2 UAV, model awal YOLOv8n
umumnya mencapai FPS yang lebih tinggi ketika digunakan 3 atau 4 UAV. Arsitektur
Multi UAV FogVerse memberikan FPS yang lebih unggul dan latensi yang lebih stabil
dibandingkan dengan arsitektur Centralized, meskipun memiliki memori dan GPU usage
yang lebih tinggi. Namun, keunggulan FPS-nya menurun dengan penggunaan UAV
yang lebih banyak, menunjukkan tantangan alokasi sumber daya, sementara arsitektur
Centralized mempertahankan penggunaan sumber daya yang konsisten tetapi mengalami
lonjakan latensi dan frame loss yang lebih tinggi.
Kata kunci:
Unmanned Aerial Vehicle, Multi UAV, FogVerse, Transfer Learning, Cloud Computing,
Machine Learning, YOLO
|