ABSTRAK
Nama
: Baginda Anggun Nan Cenka
Program Studi : Doktor Ilmu Komputer
Judul
: Model Lingkungan Belajar Personal untuk Mendukung Strategi SelfRegulated
Learning Menggunakan Kerangka Kerja Design Science
Research
Pembimbing
: Harry B. Santoso, S.Kom. M.Kom., Ph.D
Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc
Salah satu kunci keberhasilan belajar daring adalah keterampilan peserta didik dalam
meregulasi diri atau self-regulated learning. Keterampilan meregulasi diri tidak muncul
secara tiba-tiba, namun harus dipelajari dan dilatih. Oleh karena itu, lingkungan belajar
yang dapat mendukung strategi regulasi diri menjadi sebuah kebutuhan. Tujuan penelitian
ini adalah mengusulkan model lingkungan belajar personal yang mampu mendukung
strategi regulasi diri. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam
mengembangkan model lingkungan belajar, platform alternatif untuk mengukur dan
mengintervensi keterampilan SRL, serta memahami hubungan antara keterampilan SRL,
teknologi, dan performa akademik.
Metodologi campuran (mixed methods) diadopsi untuk mengumpulkan dan menganalisis
data kuantitatif dan data kualitatif. Tahapan pada penelitian ini mengacu kepada kerangka
kerja design science research yang terdiri atas dua aktifitas utama yang saling melengkapi
yakni perancangan/pengembangan dan evaluasi. Eksperimen dilakukan pada mata kuliah
Aljabar Linear di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia pada jenjang
pendidikan Sarjana.
Penelitian ini mengusulkan model lingkungan belajar personal yang terdiri dari empat
dimensi, antara lain personal, teknologi, pengajaran dan pembelajaran, serta organisasi
dan sosial. Platform lingkungan belajar personal dikembangkan berbentuk diari belajar
yang memiliki fitur-fitur seperti: goal-settings, resources, self-generated question, sticky
notes, mind map, dan reflection. Hasil pengujian menunjukkan bahwa keterampilan
metakognitif merupakan faktor yang secara simultan mempengaruhi nilai peserta didik
dan persepsi kegunaan diari belajar. Studi ini juga berhasil menemukan empat klaster
pada SCeLE dan lima klaster pada diari belajar. Temuan dalam penelitian ini
berimplikasi pada strategi pengajaran pendidik dimana penerapan asesmen formatif
didorong untuk melatih keterampilan SRL peserta didik.
Kata Kunci:
Online Learning, Self-Regulated Learning, Personal Learning Environment
|