ABSTRAK

Nama : Baginda Anggun Nan Cenka Program Studi : Doktor Ilmu Komputer Judul : Model Lingkungan Belajar Personal untuk Mendukung Strategi SelfRegulated Learning Menggunakan Kerangka Kerja Design Science Research Pembimbing : Harry B. Santoso, S.Kom. M.Kom., Ph.D Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc Salah satu kunci keberhasilan belajar daring adalah keterampilan peserta didik dalam meregulasi diri atau self-regulated learning. Keterampilan meregulasi diri tidak muncul secara tiba-tiba, namun harus dipelajari dan dilatih. Oleh karena itu, lingkungan belajar yang dapat mendukung strategi regulasi diri menjadi sebuah kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah mengusulkan model lingkungan belajar personal yang mampu mendukung strategi regulasi diri. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam mengembangkan model lingkungan belajar, platform alternatif untuk mengukur dan mengintervensi keterampilan SRL, serta memahami hubungan antara keterampilan SRL, teknologi, dan performa akademik. Metodologi campuran (mixed methods) diadopsi untuk mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif dan data kualitatif. Tahapan pada penelitian ini mengacu kepada kerangka kerja design science research yang terdiri atas dua aktifitas utama yang saling melengkapi yakni perancangan/pengembangan dan evaluasi. Eksperimen dilakukan pada mata kuliah Aljabar Linear di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia pada jenjang pendidikan Sarjana. Penelitian ini mengusulkan model lingkungan belajar personal yang terdiri dari empat dimensi, antara lain personal, teknologi, pengajaran dan pembelajaran, serta organisasi dan sosial. Platform lingkungan belajar personal dikembangkan berbentuk diari belajar yang memiliki fitur-fitur seperti: goal-settings, resources, self-generated question, sticky notes, mind map, dan reflection. Hasil pengujian menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif merupakan faktor yang secara simultan mempengaruhi nilai peserta didik dan persepsi kegunaan diari belajar. Studi ini juga berhasil menemukan empat klaster pada SCeLE dan lima klaster pada diari belajar. Temuan dalam penelitian ini berimplikasi pada strategi pengajaran pendidik dimana penerapan asesmen formatif didorong untuk melatih keterampilan SRL peserta didik. Kata Kunci: Online Learning, Self-Regulated Learning, Personal Learning Environment