ABSTRAK
Nama : Raditya Hanif Yudha Prathama, Salma Karimah, Nabila Aulia
Rahardja
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Minat Bertransaksi Menggunakan Buy-Now-Pay-Later
pada E-commerce dari Perspektif Technology Acceptance
Model dan Affordance Theory
Pembimbing : Fatimah Azzahro S.Kom., M.Kom., M.Sc., Ika Chandra
Hapsari, S.Kom., M.Kom
Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2018, BNPL memiliki tren
yang pesat terutama jika dibandingkan dengan kartu kredit yang memiliki konsep sejenis
dengannya. Walaupun begitu, apabila dibandingkan dengan metode pembayaran lain di
e-commerce seperti digital wallet, virtual account, transfer bank, dan cash on delivery,
penggunaan BNPL masih kurang unggul. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti
terdorong untuk mengeksplorasi faktor affordance yang memengaruhi minat bertransaksi
menggunakan BNPL yang dimiliki oleh e-commerce. Hal ini dilakukan dengan
menggunakan technology affordance theory (affordance theory—teori yang menjelaskan
mengenai faktor yang dimiliki suatu artefak TI yang dapat dirasakan oleh seseorang) dan
teori Technology Acceptance Model. Penelitian dilakukan dengan menggunakan
pendekatan exploratory sequential method. Pada penelitian kualitatif dilakukan pencarian
affordance dari BNPL yang dimiliki oleh e-commerce melalui wawancara bersama 10
pengguna BNPL. Hasil wawancara diolah menggunakan thematic analysis sehingga
terbentuk tema-tema yang digunakan untuk pembentukan model penelitian. Selanjutnya,
peneliti menyebarkan kuesioner secara daring dan mendapatkan total 334 data responden
yang valid. Data yang didapatkan kemudian diuji menggunakan PLS-SEM. Melalui hasil
penelitian, didapatkan bahwa faktor affordance, yaitu informativeness, convenience,
security, monetary benefit, dan immediate resource memiliki pengaruh terhadap minat
bertransaksi menggunakan BNPL yang dimiliki oleh e-commerce. Namun, hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu faktor affordance, yaitu financial
management yang tidak terbukti memengaruhi minat bertransaksi menggunakan BNPL
yang dimiliki oleh e-commerce. Di sisi lain, perceived ease of use tidak terbukti
memengaruhi attitude seseorang terhadap BNPL.
Kata Kunci: Buy Now Pay Later, Paylater, Affordance, E-commerce, Minat Bertransaksi
|