ABSTRAK
Nama : Alaida Arifah Zahra Akmal, Rheina Elvaretta, Salsabila Zahra
Chinanti
Program Studi : Sistem Informasi
Judul Skripsi : Pengembangan Sistem Conversational Search melalui Pendekatan
User-Centered Design sebagai Upaya Meningkatkan Efisiensi
Penelusuran Hukum Praktisi
Pembimbing : Dr. Panca O. Hadi Putra, B.Sc., S.H., M.Bus., Adila Alfa Krisnadhi,
S.Kom., M.Sc., Ph.D
Indonesia merupakan negara hukum yang memiliki lebih dari 511 ribu perundang-undangan
yang mengatur seluruh wilayahnya. Angka tersebut baru menunjukkan banyaknya peraturan
perundang-undangan di Indonesia dan belum mencakup dokumen hukum lainnya. Bagi para
praktisi hukum, hal ini membuat proses penelusuran hukum menjadi sangat kompleks dan
memerlukan waktu yang tidak sedikit. Walaupun begitu, belum banyak sistem penelusuran
hukum yang ada di Indonesia. Saat ini, penelusuran tersebut masih dilakukan secara manual
dengan menggunakan search engine. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional
(JDIHN) sebagai basis data resmi untuk dokumen hukum yang ada di Indonesia hanya
memberikan opsi pencarian sumber hukum secara spesifik. Untuk itu, penelitian ini ditujukan
untuk mengembangkan desain antarmuka interaktif dari ide solusi untuk sistem
conversational search yang dapat membantu proses penelusuran hukum menjadi lebih cepat
dan sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan user-centered design yang berfokus
pada kebutuhan pengguna. Pada perancangan desain antarmuka, tim peneliti menerapkan
prinsip eight golden rules milik Schneiderman. Berdasarkan identifikasi kebutuhan pengguna
yang dilakukan dengan user interview , comparative analysis, dan kajian studi literatur,
didapatkan enam fitur utama yang akan didesain oleh peneliti untuk sistem conversational
search ini, yaitu Fitur Mencari Sumber Hukum, Fitur Memastikan Kepatuhan Hukum, Fitur
Memeriksa Kesesuaian Bahasa Hukum, Fitur Riwayat, Fitur Koleksi, dan Fitur Profil dan
Autentikasi. Iterasi pertama menghasilkan sebuah high-fidelity prototype dan hasil
evaluasinya yang didapatkan melalui Usability Testing (UT) dan System Usability Scale
(SUS). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata pengguna memiliki tingkat keberhasilan
dalam Usability Testing sebesar 94% dan skor SUS sebesar 75,33 yang tergolong dalam
kategori B. Pada iterasi kedua, tim peneliti melakukan penyesuaian dan perbaikan
berdasarkan saran yang didapatkan pada iterasi pertama. Hasil dari iterasi kedua adalah
desain antarmuka berbentuk high-fidelity prototype dari sistem conversational search yang
telah disempurnakan .
Kata Kunci: Penelusuran hukum, praktisi hukum, conversational search, legal system,
kecerdasan buatan, chatbot, user-centered design, usability testing, system usability scale.
|