ABSTRAK
Nama : Amelia Maharani Nurmalitasari, Umar Izzuddin
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Switching Intention dari Elearning
Gratis ke E-learning Berbayar berdasarkan Teori Push-
Pull-Mooring dan Value-based Adoption Model: Studi Kasus
Ruangguru
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. dan
aaaaaaaaaaaaaaaiiPramitha Dwi Larasati, M.Kom.
Pada era digital ini, pembelajaran daring makin umum digunakan untuk mendukung
pembelajaran siswa di Indonesia, salah satunya melalui platform e-learning, yaitu
Ruangguru. Ruangguru, sebagai salah satu platform e-learning terbesar di
Indonesia, menawarkan berbagai layanan pendidikan, mulai dari video
pembelajaran hingga konsultasi akademik dengan pengajar, memiliki peningkatan
jumlah pengguna yang konsisten dan telah mencapai jutaan pelajar. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat pengguna
Ruangguru versi gratis untuk beralih ke versi berbayar. Dengan menggunakan
kerangka teori push-pull-mooring dan value-based adoption model, penelitian ini
memeriksa hubungan antara faktor push dan faktor pull terhadap price value, serta
hubungan price value dan faktor mooring terhadap switching intention. Faktor push
yang diteliti meliputi learning content dissatisfaction dan feature limitation pada
Ruangguru versi gratis, sedangkan faktor pull mencakup personalized learning,
perceived interactivity, dan learning progress. Faktor mooring yang diteliti adalah
network externality, buying power limitation, dan risk aversion. Data kuantitatif
diperoleh dari 341 responden melalui survei, sedangkan data kualitatif
dikumpulkan dari 11 narasumber melalui wawancara secara daring. Analisis data
kuantitatif dilakukan menggunakan PLS-SEM dan analisis data kualitatif
menggunakan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa learning
content dissatisfaction, personalized learning, perceived interactivity, dan learning
progress memiliki pengaruh positif terhadap price value Ruangguru versi berbayar,
serta bahwa price value dan network externality memiliki pengaruh positif terhadap
niat beralih dari Ruangguru versi gratis ke versi berbayar. Sebaliknya, terdapat tiga
faktor, yaitu feature limitation, buying power limitation, dan risk aversion, yang
tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beralih tersebut. Penelitian ini
diharapkan dapat memperluas pemahaman tentang penerapan teori push-pullmooring
dan value-based adoption model dalam konteks e-learning. Selain itu,
penelitian ini dapat memberikan rekomendasi bermanfaat bagi Ruangguru dan
penyedia layanan e-learning lainnya untuk merancang strategi pengembangan
produk dan pemasaran yang lebih efektif guna meningkatkan performa
pembelajaran siswa, serta kepuasan dan retensi pengguna dalam suatu platform elearning.
Kata kunci:
E-learning, push-pull-mooring, switching intention, PLS-SEM, content analysis,
Ruangguru
|