ABSTRAK
Nama : Aiko Sulaiman, Alma Aqila Hansa, Sophie Cindani Gardian
Program Studi : Sistem Informasi
Judul Skripsi : Analisis Pengaruh Socio-Technical Enabler terhadap Consumer
Trust dan Behavior dalam Live Streaming Shopping E-commerce
Pembimbing : Prof. Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc
Hana Fitriani, S.Kom, M.Sc
Dalam era digital yang semakin berkembang, khususnya setelah pandemi, penggunaan
platform e-commerce untuk berbelanja online meningkat pesat di Indonesia, dengan tren live
streaming shopping menjadi salah satu inovasi terbaru yang menarik perhatian konsumen.
Namun, meskipun popularitasnya meningkat, kegiatan berbelanja melalui live streaming di
e-commerce Indonesia sering menghadapi berbagai masalah yang mengganggu kepercayaan
konsumen yang merupakan salah satu elemen kunci dalam membentuk niat pembelian dan
keterlibatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
memengaruhi kepercayaan konsumen dan perilaku pembelian aktual di live streaming ecommerce.
Teori socio-technical dan teori trust transfer digunakan untuk mengidentifikasi
hubungan faktor social enabler dan technical enabler terhadap kepercayaan konsumen dan
perilaku pembelian aktual. Penelitian ini dilakukan dengan 785 responden yang dianalisis
menggunakan PLS-SEM, dan dilanjutkan dengan wawancara kualitatif dengan 30 responden
yang dianalisis melalui content analysis untuk mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa faktor social enabler, yaitu active control, two-way communication,
dan synchronicity, serta faktor technical enabler seperti visibility affordance dan guidance
shopping affordance, terbukti meningkatkan kepercayaan terhadap platform, streamer, dan
produk. Aspek technical enabler lainnya, yaitu metavoicing affordance, tidak berpengaruh
signifikan terhadap trust in streamer. Kepercayaan pada streamer juga terbukti
mempengaruhi kepercayaan pada produk, sesuai dengan teori trust transfer. Niat pembelian
dalam live streaming juga terbukti dipengaruhi oleh consumer trust dan kemudian
berpengaruh terhadap actual purchase. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi
masukan bagi penyedia layanan live streaming, terkhusus pihak pengembangnya, mengenai
aspek live streaming apa saja yang berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan dan
perilaku pembelian konsumen.
Kata Kunci: live streaming shopping, e-commerce, teori socio-technical, interactivity, IT
affordance, teori trust transfer, consumer trust, purchase intention, actual purchase, PLSSEM
|