ABSTRAK
Nama : Bima Sudarsono Adinsa, Muhammad Daffa Syammary
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor Push, Pull, dan Mooring yang Memengaruhi Niat
Berpindah dari Search Engine Google ke AI Text Generators sebagai
Sumber Belajar
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. & Fathia
Prinastiti Sunarso, S.Kom., M.Sc.
Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI), terkhusus AI text generators (AITGs),
telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan manusia di Indonesia. Kehadiran
AITGs berhasil mengubah perilaku seseorang mencapai berbagai tujuan, misalnya sebagai
sumber belajar dan berpotensi menggantikan popularitas Google SE sebagai penyedia
informasi paling populer saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih jauh
fenomena perpindahan dari Google SE ke AITGs dan memahami faktor-faktor yang
memengaruhi terjadinya perilaku ini. Penelitian ini menggunakan kerangka PPM sebagai
acuan pembentukan model. Penelitian ini melakukan analisis kualitatif terhadap 11
responden dan analisis kuantitatif terhadap 491 responden. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan grounded theory dan PLS-SEM modelling menggunakan bantuan aplikasi
SmartPLS 4. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor low searching
performance, explainability, inertia, perceived usefulness, social interaction, dan
adaptability berpengaruh terhadap intensi berpindah dari Google SE ke AITGs.
Sebaliknya, faktor privacy concern, intrusiveness of advertisement, perceived risk, dan
perceived ease of use tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intensi berpindah dari
Google SE ke AITGs. Hasil tersebut diharapkan dapat membuka peluang bagi
pengembangan ilmu pengetahuan secara umum dan terkhusus dalam konteks AITGs
sebagai sumber belajar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi
masyarakat terkait AITGs sebagai sumber belajar, acuan bagi akademisi dan pengajar
dalam penyusunan kurikulum dan aturan, serta bermanfaat bagi pelaku bisnis dan
pengembang untuk meningkatkan fungsionalitas yang sesuai dengan kebutuhan
masyarakat.
Kata kunci:
Switching Intention, Push-pull-mooring theory, grounded theory, artificial intelligence text
generators, Google Search Engine.
|