Perkembangan ekonomi digital di Indonesia semakin berkembang pesat. Jumlah
pengguna Electronic Commerce (e-commerce) di Indonesia juga diproyeksikan
meningkat terus menerus. Terdapat berbagai alasan pendorong customer berbelanja di ecommerce. Ulasan online konsumen mempunyai pengaruh yang cukup signifikan
terhadap perilaku pembelian konsumen dan telah menjadi sumber informasi penting bagi
konsumen, memengaruhi sekitar 20–50% keputusan pembelian online. Kondisi saat ini,
E-commerce XYZ belum melakukan research atau investigasi lebih lanjut terkait faktorfaktor apa saja yang dapat membuat customer memberikan ulasan. Tujuan dari penelitian
adalah untuk menganalisis beberapa faktor yang memengaruhi niat pelanggan
memberikan ulasan online / electronic word of mouth (EWOM). Penelitian ini diharapkan
dapat menjadi pembelajaran untuk meningkatkan product review rate, yang erat
kaitannya dengan kepuasan pelanggan dan akan berpengaruh terhadap kenaikan add to
cart rate. Penelitian dilakukan dengan metode campuran, yaitu secara kuantitatif dengan
menyebarkan kuesioner dan secara kualitatif dengan melakukan wawancara. Dalam
penelitian ini, beberapa kerangka model yang dipilih berdasarkan analisis faktor dan
adopsi dari studi-studi sebelumnya yaitu model kesuksesan sistem informasi dari DeLone
&McLean yang mengintegrasikan teori kualitas e-service, serta teori determinasi diri dan
social influence yang diadopsi dari teori UTAUT.
Kuesioner disebar secara online melalui google form. Pengolahan analisis statistik yang
digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan tools SmartPLS v.4. Hasil dari
penelitian memberikan kesimpulan bahwa e-service quality, attitude & customer
satisfaction memengaruhi niat pelanggan memberikan ulasan online secara positif.
Hipotesis bahwa delivery condition memengaruhi e-service quality secara positif, ditolak.
Kemudian dilakukan wawancara dan analisis tematik untuk eksplorasi masalah dan
pemberian rekomendasi yang difokuskan kepada hasil hipotesis yang diterima.
|
|