Yayasan Kesehatan Telkom telah mengembangkan aplikasi mobile health (mHealth)
bernama Lovit untuk memfasilitasi pesertanya dalam mengakses layanan kesehatan yang
mencakup aspek promotif dan preventif, kuratif, serta rehabilitatif. Aplikasi mHealth
Lovit juga telah dilengkapi dengan elemen gamification berupa poin dan hadiah. Elemen
gamification berupa poin secara spesifik diterapkan dalam fitur-fitur layanan promotif
dan preventif seperti Video Sehat, Event Sehat, dan Yakes Care Corner. Tujuannya adalah
untuk memotivasi pengguna dalam menggunakan fitur-fitur tersebut secara aktif dan
berkelanjutan. Namun, hingga saat ini, target pengguna aktif untuk fitur-fitur tersebut
belum tercapai, menunjukkan bahwa tujuan implementasi gamification belum
sepenuhnya berhasil. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi keberlanjutan penggunaan fitur-fitur layanan promotif
dan preventif pada aplikasi Lovit dengan menggunakan kombinasi dari SelfDetermination Theory (SDT) dan penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan. Metode
yang digunakan adalah pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif
dikumpulkan dari 77 jawaban kuesioner responden yang kemudian dianalisis
menggunakan partial least square structural equation modelling (PLS-SEM) melalui
SmartPLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor yang secara positif dan signifikan
mempengaruhi niat pengguna untuk melanjutkan penggunaan adalah intrinsic motivation.
Selain itu, faktor autonomy, competence, dan relatedness juga memiliki pengaruh positif
yang signifikan terhadap intrinsic motivation. Analisis data kualitatif menunjukkan
bahwa rewards atau hadiah juga merupakan faktor pendukung penting. Berdasarkan
temuan tersebut, penelitian ini merumuskan lima kelompok rekomendasi untuk Yayasan
Kesehatan Telkom. Rekomendasi ini meliputi peningkatan tampilan dan kinerja aplikasi,
pengembangan modul dan program kesehatan, optimalisasi sistem poin dan hadiah,
personalisasi dan pengaturan tujuan kesehatan, serta pengembangan fitur komunitas dan
interaksi sosial. Implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi
pengguna dalam menggunakan fitur-fitur layanan promotif dan preventif pada aplikasi
mHealth Lovit secara berkelanjutan.
|
|