ABSTRAK
Bisnis reasuransi di Indonesia memiliki peluang tumbuh karena banyak perusahaan
asuransi ingin mengasuransikan risikonya atau membagi risikonya dengan
perusahaan reasuransi. PT Reasuransi ABC adalah perusahaan dengan bisnis
reasuransi di Indonesia.Produktivitas yang lambat dalam siklus penetapan harga
premi dan mengalami peningkatan Beban Usaha & Underwriting sehingga sulit
menyerap premi yang merupakan pendapatan bagi perusahaan. Untuk mempercepat
produktivitas siklus penetapan harga premi dapat melalui perubahan model bisnis.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan merumuskan strategi
transformasi digital yang tepat untukmengadopsi konsep industri asuransi 4.0 pada
proses bisnisnya sehingga dapat ekspansi ke pasar ASEAN. Penelitian ini merupakan
studi kasus dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, studi dokumen, wawancara, dan FGD. Penyusunan rumusan strategi
transformasi digital menggunakan Digital LeadershipFramework yang dipetakan ke
dalam Model 4P Asuransi 4.0. Penelitian ini diliterasikan dengan penelitian lain
melalui analisis 3C2S serta metode analisis Value Chain, Benchmarking, Porter 5’s
Forces, PESTEL, dan SWOT. Hasil penelitian ini telah divalidasi internal dan
diharapkan dapat menjadi referensi manajemen dalam melakukantransformasi digital
untuk ekspansi ke pasar ASEAN
|