ABSTRAK
Live streaming merupakan inovasi teknologi yang populer untuk penyiaran berita,
hiburan, dan pemasaran. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, berbelanja lewat
live streaming, atau biasa disebut dengan livestream shopping menjadi tren yang
mengubah pengalaman belanja online. Akan tetapi, mayoritas survei di internet
menyatakan livestream shopping pada social commerce masih kalah bersaing dengan
livestream shopping pada e-commerce, baik dari segi jumlah pengguna, transaksi, dan
lain sebagainya. Oleh sebab itu, penyedia layanan livestream shopping pada social
commerce perlu memahami bagaimana cara mempertahankan pelanggannya. Penelitian
ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong niat penggunaan
berkelanjutan livestream shopping pada social commerce. Model penelitian dibangun
dengan mengadopsi model S-O-R (stimulus-organism-response). Personalization,
visibility, susceptibility to informational influence, dan co-creation behaviour merupakan
stimulus. Trust in products, trust in streamers, dan perceived value merupakan organism,
sedangkan niat penggunaan berkelanjutan livestream shopping pada social commerce
merupakan response. Dengan menerapkan mixed methods, data kuantitatif dari 572
responden dikumpulkan melalui kuesioner dan diolah menggunakan Covariance-Based
Structural Equation Modeling. Selanjutnya, dilakukan wawancara untuk mengumpulkan
informasi yang tidak dapat diperoleh dengan kuesioner. Data dari 16 narasumber diolah
menggunakan teknik analisis konten. Penelitian ini menghasilkan wawasan mengenai
faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pengguna dalam konteks pasca-adopsi
livestream shopping pada social commerce. Temuan penelitian ini mengungkapkan
bahwa semua konstruk dapat memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan livestream
shopping pada social commerce, tetapi hanya trust in products dan perceived value yang
dapat memberikan pengaruhnya secara langsung. Hasil penelitian ini digunakan untuk
menyusun rekomendasi bagi para penyedia layanan guna membantu mempertahankan
pelanggannya.
|