ABSTRAK
PT Halal Network International (HNI) merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan
produk-produk herbal halal dan berkiprah sudah lebih dari 10 tahun. Proses bisnis perusahaan
ini adalah distribusi produknya melalui metode Multi-Level Marketing (MLM). Untuk
memenuhi kebutuhan pengelolaan penjualan agen stok, HNI mengembangkan aplikasi HNI
Integrated System (HSIS) yang dapat diakses di platform website maupun mobile. Analisis
permasalahan diperoleh dari tiga sumber: wawancara dengan Direktur TI HNI, wawancara
dengan agen stok HNI, dan analisis ulasan Google Play Store. Jumlah unduhan aplikasi di
Google Play Store dan angka transaksi di HSIS mobile menunjukkan penurunan beberapa
tahun terakhir. Hasil analisis ulasan sentimen negatif di Play Store juga menunjukkan
sebanyak 44,6% termasuk dalam kategori UI/UX. Selain itu, agen stok HNI yang
diwawancarai mengaku jarang menggunakan HSIS mobile dibandingkan website karena
fiturnya yang lebih rumit dan panjang. Keterkaitan erat antara UI/UX dengan usability
menunjukkan pentingnya dilakukan evaluasi usability aplikasi HSIS. Tujuan penelitian ini
adalah melakukan evaluasi usability dan merancang rekomendasi alternatif desain antarmuka
aplikasi HSIS Mobile HNI menggunakan proses User-centered Design (UCD). Penelitian ini
menerapkan Kuesioner System Usability Scale (SUS), Open-ended Question (OEQ), dan
Usability Testing (UT) sebagai instrumen penelitian. Terdapat 81 responden yang terlibat
dalam mengisi kuesioner SUS dan OEQ. Selanjutnya dilakukan UT Fase 1 yang melibatkan
14 responden. Sebagian responden diambil dari responden kuesioner survei, sedangkan 7
lainnya merupakan pengguna baru HSIS. Setelah UT, dilakukan wawancara dengan
mengajukan OEQ. Hasil dari ketiga proses ini diolah dan dikelompokkan, lalu solusi
desainnya dipetakan berdasarkan prinsip desain Nielsen’s Ten Usability Heuristic of Interface
Design dan Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Terdapat empat belas
solusi desain yang direkomendasikan untuk perbaikan beberapa halaman seperti Homepage,
Daftar Agen Stok, Edit Transaksi, Logout, dan halaman lainnya. Empat belas solusi desain
alternatif ini kembali diujikan di UT Fase 2 pada 14 responden yang sama dengan UT Fase
1. Hasil UT Fase 2 menunjukkan penurunan jumlah isu usability yang signifikan
dibandingkan UT Fase 1. Hal ini membuktikan perbaikan desain antarmuka aplikasi HSIS
mampu memberikan peningkatan yang positif pada usability dan pengalaman pengguna
aplikasi HSIS mobile.
|