ABSTRAK
Nama : Defran Fransisco. Steven Samuel Hutapea, Sulthan
Muhammad Fasda
Program Studi : Sistem Informasi
Judul Skripsi : Pembaruan Desain Antarmuka dan Evaluasi Usability
pada Aplikasi SP4N LAPOR! dengan Pendekatan UserCentered Design
Pembimbing : Dr. Muhammad Rifki Shihab, B.B.A., M.Sc.
SP4N LAPOR!, aplikasi yang digarap oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur
Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) ditujukan untuk media aspirasi
dan pengaduan masyarakat secara online. Meskipun sudah cukup lama dirilis, aplikasi ini
masih belum memenuhi kebutuhan dari banyak pengguna, seperti belum adanya fitur
pusat bantuan, tandai laporan, dan juga riwayat aktivitas pengguna. Selain itu, beberapa
fitur utama juga butuh peningkatan desain antarmuka, antara lain adalah daftar dan
masuk, beranda, pencarian laporan, notifikasi, riwayat laporan, komentar, pembuatan,
ubah profil, dan detail laporan. Hal tersebut dapat terbukti dari pemberian nilai yang
hanya 2 dari 5 oleh sekitar lebih dari dua ribu pengguna pada Play Store. Responden dari
penelitian ini merupakan masyarakat Indonesia yang telah memiliki KTP, termasuk 4
profesional di bidang UI/UX. Penulis memanfaatkan mixed methods selama penelitian
dengan menggabungkan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dengan metode SUS awal
yang dilakukan terhadap 20 responden hanya menghasilkan skor rata-rata 50,63 sehingga
masih tergolong kategori ‘Poor’. PSSUQ juga turut digunakan dengan hasil akhir 3,18
untuk system usefulness, 3,32 untuk information quality, 3,29 untuk interface quality, dan
3,26 untuk overall sehingga aplikasi tersebut masih tergolong kurang memuaskan. Tak
hanya itu, usability testing yang dilakukan terhadap 10 partisipan juga hanya
menunjukkan success rate sebesar 73,10%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut,
penulis memutuskan untuk menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD)
dengan dua kali iterasi dan menerapkan teori eight golden rules milik Shneiderman.
Berdasarkan analisis data yang dikumpulkan, penulis memutuskan untuk menggarap
rancangan desain alternatif serta menambahkan fitur baru terhadap 10 fitur utama SP4N
LAPOR!. Setelah desain alternatif dirampungkan, penulis melakukan evaluasi
kebergunaan melalui Usability Testing (UT) tahap akhir terhadap 10 partisipan dengan
rata-rata hasil success rate mencapai 95,5%. Selain itu, penulis juga melakukan penilaian
usability terhadap rancangan desain alternatif dengan System Usability Scale (SUS)
kepada 15 partisipan dengan rata-rata mencapai 81% sehingga dapat masuk ke kategori
‘Excellent’. Melalui PSSUQ, juga didapatkan skor akhir 2,10 untuk system usefulness,
1,81 untuk information quality, 2,02 untuk interface quality, dan 1,97 untuk overall yang
menandakan bahwa rancangan desain alternatif sudah sangat memuaskan. Penelitian ini
diharapkan dapat membantu Kementerian PANRB agar dapat meningkatkan usability
pada aplikasi SP4N LAPOR! sehingga kebutuhan pengguna dapat terpenuhi.
|