ABSTRAK

Nama : Defran Fransisco. Steven Samuel Hutapea, Sulthan Muhammad Fasda Program Studi : Sistem Informasi Judul Skripsi : Pembaruan Desain Antarmuka dan Evaluasi Usability pada Aplikasi SP4N LAPOR! dengan Pendekatan UserCentered Design Pembimbing : Dr. Muhammad Rifki Shihab, B.B.A., M.Sc. SP4N LAPOR!, aplikasi yang digarap oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) ditujukan untuk media aspirasi dan pengaduan masyarakat secara online. Meskipun sudah cukup lama dirilis, aplikasi ini masih belum memenuhi kebutuhan dari banyak pengguna, seperti belum adanya fitur pusat bantuan, tandai laporan, dan juga riwayat aktivitas pengguna. Selain itu, beberapa fitur utama juga butuh peningkatan desain antarmuka, antara lain adalah daftar dan masuk, beranda, pencarian laporan, notifikasi, riwayat laporan, komentar, pembuatan, ubah profil, dan detail laporan. Hal tersebut dapat terbukti dari pemberian nilai yang hanya 2 dari 5 oleh sekitar lebih dari dua ribu pengguna pada Play Store. Responden dari penelitian ini merupakan masyarakat Indonesia yang telah memiliki KTP, termasuk 4 profesional di bidang UI/UX. Penulis memanfaatkan mixed methods selama penelitian dengan menggabungkan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dengan metode SUS awal yang dilakukan terhadap 20 responden hanya menghasilkan skor rata-rata 50,63 sehingga masih tergolong kategori ‘Poor’. PSSUQ juga turut digunakan dengan hasil akhir 3,18 untuk system usefulness, 3,32 untuk information quality, 3,29 untuk interface quality, dan 3,26 untuk overall sehingga aplikasi tersebut masih tergolong kurang memuaskan. Tak hanya itu, usability testing yang dilakukan terhadap 10 partisipan juga hanya menunjukkan success rate sebesar 73,10%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis memutuskan untuk menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD) dengan dua kali iterasi dan menerapkan teori eight golden rules milik Shneiderman. Berdasarkan analisis data yang dikumpulkan, penulis memutuskan untuk menggarap rancangan desain alternatif serta menambahkan fitur baru terhadap 10 fitur utama SP4N LAPOR!. Setelah desain alternatif dirampungkan, penulis melakukan evaluasi kebergunaan melalui Usability Testing (UT) tahap akhir terhadap 10 partisipan dengan rata-rata hasil success rate mencapai 95,5%. Selain itu, penulis juga melakukan penilaian usability terhadap rancangan desain alternatif dengan System Usability Scale (SUS) kepada 15 partisipan dengan rata-rata mencapai 81% sehingga dapat masuk ke kategori ‘Excellent’. Melalui PSSUQ, juga didapatkan skor akhir 2,10 untuk system usefulness, 1,81 untuk information quality, 2,02 untuk interface quality, dan 1,97 untuk overall yang menandakan bahwa rancangan desain alternatif sudah sangat memuaskan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu Kementerian PANRB agar dapat meningkatkan usability pada aplikasi SP4N LAPOR! sehingga kebutuhan pengguna dapat terpenuhi.