ABSTRAK
Nama : Siti Aminah
Program Studi : Doktor Ilmu Komputer
Judul : Ontologi untuk Pemodelan Kurikulum pada Perguruan
Tinggi yang Menerapkan Outcome-Based Education
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom, M.Kom
Outcome-Based Education, (OBE) adalah pendekatan yang diakui secara global untuk
meningkatkan kualitas pendidikan dan menyelaraskan program akademik dengan kebutuhan industri. Meskipun memiliki berbagai keunggulan, implementasi OBE menghadapi tantangan signifikan, terutama dalam menjaga keselarasan antara capaian pembelajaran tingkat program dengan capaian pembelajaran spesifik mata kuliah, dan komponen
kurikulum lainnya.
Pada penelitian ini dikembangkan ontologi untuk memodelkan rancangan kurikulum
dalam kerangka OBE di pendidikan tinggi. Ontologi ini mengatasi masalah koherensi
kurikulum dengan menerapkan prinsip-prinsip OBE, yang meliputi clarity of focus, backward design, expanded opportunities, dan high expectations. Ontologi dikembangkan
berdasarkan analisis mendalam terhadap domain masalah dan formulasi pertanyaan kompetensi yang berasal dari skenario ketika reviewer kurikulum menganalisis apakah suatu kurikulum memenuhi persyaratan OBE. Ontologi diimplementasikan dengan Web
Ontologi Language (OWL) berbasis Description Logic dan divalidasi dengan Shapes
Constraint Language (SHACL) yang menjadi standar dari World Wide Web Consortium
(W3C).
Penelitian ini menghasilkan ontologi OBC-ONTO yang mengakomodir prinsipprinsip OBE, mendukung tugas-tugas reviewer kurikulum, serta mengakomodasi berbagai jenjang pendidikan tinggi termasuk diploma, sarjana, dan magister. Hasil evaluasi
dengan metode FOCA (Framework for Ontology Conformance Analysis) menujukkan ontologi ini memenuhi metrik kualitas utama yaitu completeness, consistency, conciseness,
adaptability, computational efficiency dan clarity.
Penelitian ini juga menghasilkan prototipe aplikasi Semantic Web yang dibangun
berbasis OBC-ONTO dengan antarmuka ramah pengguna bagi reviewer untuk memeriksa
rancangan suatu kurikulum. Arsitektur aplikasi menggunakan basis data graf GraphDB
dan kerangka kerja pengembangan web Django, menghasilkan aplikasi yang dapat dikembangkan lebih lanjut untuk manajemen kurikulum berskala operasional. Penelitian ini
memberikan kontribusi dalam mendukung implementasi OBE dengan menyediakan alat
bantu analisis kurikulum berbasis teknologi semantik.
|