Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat membawa suatu pola budaya baru yang disebut dunia ā€œeā€ (electronic). Segala sesuatu dikaitkan dengan cyber world. Salah satu diantaranya adalah dalam dunia perdagangan, dimana sudah mulai marak perdagangan elektronik (e-commerce). Perdagangan adalah salah satu ciri masyarakat Indonesia, dimana sebagian besar pelakunya adalah kelompok usaha kecil menengah. Tesis ini membahas tentang pemanfaatan e-commerce terhadap proses pemberdayaan kelompok pengusaha kecil menengah khususnya ditinjau sebagai suatu strategi peningkatan pangsa pasar. Selain itu, Tesis ini mengkaji tentang sistem pada agroindo.com yang menjadi salah satu pengelola e-commerce dengan pengguna yang umumnya berasal dari kelompok usaha kecil menengah, serta melakukan studi banding dengan situs sejenis. Tesis ini menyajikan hasil survei terhadap kelompok usaha kecil menengah. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan suatu masukan untuk mengembangkan strategi yang dapat lebih meningkatkan pemakaian e-commerce sebagai salah satu media untuk peningkatan pasar bagi kelompok usaha kecil menengah.