ABSTRAK

Hospital Information System (HIS) atau lebih dikenal dengan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS), merupakan salah satu contoh aplikasi TI yang dapat diterapkan pada sektor kesehatan. SIRS berfungsi sebagai penghubung (integrator) antar unit-unit layanan rumah sakit (misal: pendaftaran, data medis pasien, data obat, dll) pada satu atau beberapa rumah sakit. Sejak tahun 1970-an, Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) telah meresapkan semacam SIRS yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Manajemen (SIM) RSPP. Penerapan SIM RSPP ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas layanan kesehatan, yang dilihat dari segi kecepatan, efektifitas, dan efisiensi. Tulisan ini menyampaikan hasil penelitian untuk mengetahui kualitas SIM RSPP dalam hubungannya dengan tingkat penerimaan dan tingkat kepuasan pengguna SIM RSPP. Lima komponen yang diukur, yaitu kualiatas disain tampilan SIM RSPP, kualitas penyajian informasi SIM RSPP, kualitas layanan staff IT RSPP, serta tingkat manfaat dan kemudahanpenggunaan SIM RSPP.