Di dalam era teknologi informasi akhir-akhir ini keberadaan perencanaan strategis sistem informasi pada sebuah perusahaan yang ingin terus maju akan dirasakan hampir sebagai suatu keharusan, jika perusahaan itu ingin dapat mempertahankan bahkan memperkuat posisi di dalam percaturan bisnisnya. PT. PTI adalah sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang penyedia jasa jaringan telekomunikasi yang juga memiliki jasa Interenet Service Provider (ISP) sebagai jasa nilai tambah. Selama ini perusahaan belum memiliki sebuah grand design sistem informasi yang mendukung bisnis perusahaan. Aplikasi yang digunakan perusahaan masih berdiri sendiri dan belum terintegrasi serta belum diarahkan menuju suatu fungsi yang bersifat strategis bagi bisnis perusahaan. Maka dirasakan kebutuhan akan adanya suatu perencanaan strategis sistem informasi bagi pengembangan perusahaan agar lebih memiliki daya saing di masa depan. Kajian ini merupakan studi kasus dari perencanaan strategis sistem informasi bagi PT. PTI dan akan melaksanakan proses perencanaan, kegiatan observasi dan wawancara. Kemudian melalui perangkat-perangkat analisis seperti Competitive Forces Model, Value Chain, SWOT, Critical Success Factor dan Portofolio Aplikasi McFarlan akan dilakukan interpretasi kebutuhan bisnis, pendefinisian strategi sistem informasi yang diperlukan, dan menentukan pantduan strategi teknologi informasi yang akan diterapkan. Hasil akhir dari kajian ini adalah sebuah usulan perencanaan strategi sistem informasi yang mencakup strategi bisnis SI, Strategi manajemen SI/TI dan strategi TI yang ketiganya akan mendukung proses bisnis, mengatasi kendala yang ada dan meningkatkan daya saing perusahaan.
|
|