Dalam era informasi yang penuh dengan kompetisi saat ini, dunia bisnis menghadapi tantangan dan tuntutan akan beberapa hal, diantaranya adalah peningkatan dan percepatan kompetensi Sumber Daya Manusia, efisiensi biaya, produktifitas tinggi dan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi. Sebagai perusahaan penyedia jasa Solusi Dokumen berbasiskan IT, Astragraphia Document Solution di dalam mencapai sasaran dan tujuan perusahaan, strategi yang dilakukan adalah juga mencakup beberapa tuntutan bisnis tersebut. Video on Demand (VoD) adalah solusi yang memungkinkan informasi dan pengetahuan yang tertuang dalam bentuk video terdistribusi secara baik dan luas kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun dalam sebuah intranet perusahaan. Solusi ini memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap beberapa tuntutan bisnis saat ini tersebut, yang secara garis besar manfaat-manfaat yang akan diperoleh adalah dalam hal pelatihan Sumber Daya dan komunikasi perusahaan Manusia. Tesis ini bertujuan untuk dapat memberikan kajian Information Economics (IE) dari penerapan solusi tersebut yang mendukung strategi bisnis Astragraphia Document Solution terutama pada peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia sebagai bagian dari Critical Success Factor (CSF) perusahaan saat ini. Proyek Solusi VoD ini sangat layak untuk diterapkan AGDS, dimana dari hasil kajian IE, nilai IE yang diperoleh adalah 44,95, dengan Net Present Value adalah Rp. 7.111.884.000,--, dan periode pengembalian investasi adalah pada 11,7 bulan sejak awal pengembangan sistem.