PT X didirikan sebagai respon terhadap peluang yang dapat diraih melalui pemasaran produk-produk kebutuhan kantor di Indonesia. Perusahaan ini mengambil kesempatan yang ada dengan membuka outlet-outlet guna menjual aneka produk kebutuhan dan alat tulis kantor sebagai produk utama serta beberapa produk pendukung lainnya. Dalam hal pengadaan brang, PT X mendirikan divisi import yang diharapkan mampu memberi alternatif dan keragaman produk di seluruh outlet. Di bidang teknologi informasi, aplikasi yang dibutuhkan oleh setiap outlet untuk mendukung seluruh operasionalnya telah disediakan oleh kantor pusat, namun dukungan teknologi informasi bagi manajemen kurang mengimbangi kemajuan yang dicapai perusahaan antara lain untuk memberikan informasi yang cepat dan akurat bagi pengambilan keputusan manajemen. Sejalan dengan komitmen perusahaan untuk senantiasa memperbaiki kinerjanya maka manajemen merasa perlu untuk mengedepankan teknologi informasi sebagai alat utama dalam menghadapi tantangan di masa depan. Bagian Teknologi Informasi diharapkan tidak saja memberi layanan informasi ke semua bagian perusahaan, tetapi juga menjadi alat perusahaan dalam mencari peluang-peluang bisnis baru di era teknologi digital. Ruang lingkup yang akan dibahas dalam Proyek Akhir ini adalah perancangan prototipe data warehouse yang ditujukan untuk kebutuhan analisa dan pengambilan keputusan pada tingkat manajemen di PT X sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan. Data yang akan diprioritaskan adalah data transaksi dari masing-masing outlet sejak awal outlet tersebut didirikan.
|
|