Salah satu layanan Telkomsel bagi para pelanggannya adalah fitur GPRS, permintaan dari layanan ini mulai meningkat. Untuk menggunakan layanan ini diperlukan proses aktivasi, dan proses aktivasi ini merupakan proses yang panjang, dikarenakan harus melalui banyak mesin selama pemrosesan. Dari pihak Telkomsel sendiri juga agak kesulitan dalam memonitor hasil dari proses pengaktivasian tersebut. Di dalam laporan ini akan dijelaskan lebih detil mengenai profil dari PT.Telekomunikasi Selular (PT.Telkomsel), juga semua masalah dan penjelasan sistem yang berperan selama proses pengaktivasian GPRS melalui SMS. Selanjutnya dilakukan analisa secara garis besar dari sistem yang sudah ada untuk kemudian menentukan permasalahan-permasalahan yang ada. Sehingga dapat berguna dalam memperbaiki atau mengembangkan sistem aktivasi GPRS melalui SMS yang sudah ada. Metode analisa dan perancangan yang digunakan penulis adalah FAST. Analisa dan perancangan akan penulis lakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan FAST methodology. Analisa yang dilakukan berguna untuk mengatasi permasalahan yang timbul agar sistem dapat berjalan lebih baik. Hasil yang didapat berupa suatu desain pengembangan sistem aktivasi GPRS melalui SMS yang memproses ulang request oleh pelanggan kartu HALO yang telah gagal pada proses sebelumnya. Implementasi dari pengembangan sistem ini berupa script yang akan dibuat oleh bagian pengembangan PT. Telekomunikasi Seluler.
|
|