ABSTRAK

Kegiatan akademik dalam satu semester melibatkan administrasi, mahasiswa, dan dosen. Keterlibatan pihak-pihak tersebut dimulai oleh mahasiswa dengan berkonsultasi ke dosen pembimbing akademis dan dosen pengajar bila perlu. Jumlah mata kuliah yang akan diambil oleh mahasiswa tergantung pada jadwal mata kuliah dan indeks prestasi semester sebelumnya. Kegiatan selanjutnya berupa perubahan mata kuliah, pembatalan mata kuliah, ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Selanjutnya pada akhir semester akan dikeluarkan Daftar Nilai semester untuk setiap mahasiswa. Pembuatan sistem pendukung administrasi akademik dimaksudkan untuk mengotomasikan workflow dari kegiatan akademik yang saat ini masih bersifat manual. Selain itu pembuatan sistem pendukung administrasi akademik juga dimaksudkan agar dapat membantu pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan akademik. Pembuatan sistem pendukung administrasi akademik dilakukan dengan menyempurnakan sistem registrasi akademik yang sudah ada, dan kemudian melakukan pengembangan hingga dihasilkannya daftar nilai semester mahasiswa. Sistem pendukung administrasi akademik ini dibuat dengan pendekatan teknologi groupware, dimana pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan akademik dapat melakukan komunikasi, kolaborasi, dan koordinasi. Manfaat dari sistem pendukung administrasi akademik dapat dirasakan oleh mahasiswa dalam pengisian formulir Isian Rencana Studi, penambahan kuliah, dan pengurangan mata kuliah. Formulir-formulir dapat ditolak ataupun disetujui secara langsung oleh dosen maupun pembimbing akademis. Disamping itu dosen dapat melakukan penilaian terhadap peserta kuliahnya secara langsung. Sedangkan manfaat untuk bagian administrasi adalah dapat mempersiapakan data-data untuk menunjang kegiatan perkuliahan dari awal hingga akhir semester.