Dokumen ini merupakan laporan kerja praktek penulis di PT. Integrasi, yang berkerja di divisi CRM. Pada kerja praktek yang dilakukan selama kurang lebih 2 bulan, penulis, bersama anggota divisi CRM lainnya, membangun sebuah sistem yang mengatur perpindahan barang pada perusahaan klien yang disebut Spare Part Management System. Sistem informasi yang dibangun merupakan pengembangan dari sistem yang dimiliki klien, dimana sistem yang lama dirasakan oleh klien sudah tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan klien. Secara garis besar, pengembangan sistem Spare Part Management System dibagi menjadi tiga modul utama, yaitu, pengadaan barang (purchase order), penjualan barang (sales order), dan mengatur inventori (inventory management). Hasil dari pengembangan sistem yang diharapkan adalah dapat memenuhi kebutuhan klien dengan kondisi proses bisnis yang ada, sistem menyediakan informasi yang lebih detail, dan sistem lebih user friendly. Untuk membangun spare part management system, pengembang menggunakan metodologi FAST (Framework for the Application of System Thinking). Dengan mengadopsi langkah-langkah pengerjaan dari framework FAST, penulis juga berusaha menyesuaikannya dengan keadaan pengembangan sistem di dunia nyata – selain perkuliahan.