Aplikasi Laporan Harian Bank Umum (LHBU) Bank Indonesia pada dasarnya adalah suatu aplikasi yang digunakan oleh Bank Indonesia untuk mengatur proses pengiriman dan monitoring laporan harian yang dikirimkan oleh setiap bank anggota (bank konvensional, bank syariah, dan Unit Usaha Syariah (UUS)) di Indonesia ke Bank Indonesia serta merupakan sarana penyaluran informasi oleh Bank Indonesia. Dengan adanya aplikasi LHBU di Bank Indonesia maka diperlukan adanya aplikasi LHBU Client di sisi bank anggota yang dapat memiliki interoperability yang optimum dengan aplikasi LHBU di Bank Indonesia. Secara garis besar, aplikasi Laporan Harian Bank Umum (LHBU) Client merupakan suatu aplikasi yang digunakan oleh bank anggota untuk menyiapkan dan mengirimkan laporan harian ke Bank Indonesia sesuai dengan peraturan Bank Indonesia dan sesuai dengan template yang telah ditentukan Bank Indonesia untuk masing-masing form laporan. Web services merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh aplikasi LHBU Client yang memungkinkan bank anggota untuk mengirimkan laporan harian secara online, mengambil informasi yang disediakan oleh Bank Indonesia, melihat status dari laporan yang telah dikirimkan, dan beberapa proses lainnya. Selain itu, suatu fungsi scheduler juga ditambahkan dalam aplikasi ini sehingga proses pengiriman laporan harian, melihat status laporan, dan beberapa proses lainnya dapat dilakukan secara otomatis dan berkelanjutan dalam suatu interval waktu yang telah ditentukan. Laporan ini menjelaskan mengenai aplikasi LHBU Client secara umum, teori dasar web services yang dilanjutkan dengan penjelasan analisa, perancangan, implementasi dan pengujian aplikasi. Berhubung fokus kerja praktek dari penulis adalah implementasi modul web services dari aplikasi LHBU Client maka penjelasan akan lebih terfokus pada modul tersebut. Implementasi aplikasi menggunakan WebSphere Studio Application Developer (WSAD) v5.1.2.