Didalam institusi pendidikan, tenaga pengajar menempati bagian yang penting. Maka tidaklah mengherankan apabila institusi pendidikan seringkali diadakan pelatihan secara berkala untuk tenaga pengajarnya. Tujuan pelatihan tersebut adakah untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan terus meningkatkan kompetensi dari pengajar itu sendiri. Sebagian dari tenaga pelajar di perguruan tinggi adalah pengajar berstatus paruh waktu. Adapun kendala yang sering dihadapi oleh perguruan tinggi adalah pelatihan tingkat pengajar paruh waktu tersebut. Kendala muncul karena seringkali mereka tidak memiliki waktu untuk mengikuti jalannya pelatihan. Akibat tidak langsung adalah perlu dikeluarkannya biaya dan waktu tambahan bagi peserta pelatihan tersebut. Ruang lingkup penelitian ini adalah analisis terhadap sistem yang saat ini diterapkan dan pembuatan sebuah model pelatihan untuk pengajar yang dapat diterapkan berdasarkan system yang ada. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengkaji sistem pelatihan yang saat ini ada di Bina Nusantara dan untuk membuat model sebuah sistem pelatihan secara online yang ditujukan untuk para dosen. Diharapkan tulisan ini dapat menjadi masukan yang berguna demi kegiatan pembelajaran dan pelatihan pada Universitas Bina Nusantara.