Bagaimana menarik dan menjaga kesetiaan pelanggan merupakan salah satu kunci utama keberhasilan suatu perusahaan. Terlebih lagi bagi perusahaan seperti PT. Milenia Indomedia Tama (MIT) yang mengandalkan sebagian besar distribusi produk yang dihasilkannya melalui pelanggan. Untuk itu, perusahaan mencoba menerapkan Customer Relationship Management (CRM) untuk menunjang proses bisnisnya. CRM mencakup hal yang sangat luas, namun sistem yang ingin dikembangkan oleh perusahaan tempat mahasiswa melakukan kerja praktek, MIT, masih berupa tahap awal dari pengembangan CRM itu sendiri. Mengingat sebelumnya kegiatan bisnis perusahaan belum didukung oleh sistem informasi yang terintegrasi, sedangkan aplikasi CRM membutuhkan suatu sistem yang mampu mengkoordinasikan pelayanan dan aktivitas lain yang telah ataupun akan diberikan kepada tiap pelanggan. Dari sisi perusahaan, kegiatan manajemen pelanggan termasuk ke dalam bidang kerja dari divisi Sirkulasi, namun sistem dituntut untuk dapat berinteraksi dengan divisi-divisi lain melalui adanya pertukaran data antara masing-masing divisi. Sistem juga harus dapat membantu pihak manajemen dalam melakukan analisa dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kegiatan bisnis perusahaan, yaitu berupa berbagai bentuk laporan. Untuk membangun sistem CRM yang baik diperlukan analisa mendalam, desain yang matang, dan didukung sistem informasi yang baik. Untuk itu instansi mengharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuannya dan membuat sistem ini. Laporan ini akan membahas analisa dan desain sistem tersebut. Analisa dan desain dilakukan berdasarkan metodologi FAST, sedangkan bahasa pemrograman yang dipakai adalah ASP dan VB .NET.
|
|