Unit Marketing adalah salah satu divisi yang memegang peranan penting dalam suatu perusahaan. Terutama untuk perusahaan yang berskala nasional seperti PT. Indosat. Fungsi dari Sub Direktorat Marketing di Indosat antara lain adalah untuk menyusun strategi, analisa dan evaluasi pemasaran jasa Indosat secara global, marketing riset dan support untuk pelaporan performansi jasa. Sayangnya dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, Sub Direktorat Marketing masih ditunjang oleh suatu sistem yang dinilai kurang dapat membantu mereka dalam mengoptimalkan performansi bekerja mereka. Sesuai dengan topik utama dari kerja praktek ini adalah perancangan aplikasi sistem performansi marketing dan mengembangkan modul performansi jasa dan modul administrasi dan pendukung. Secara garis besar modul yang ada pada aplikasi ini ada 3 macam, yaitu modul performansi jasa, modul artikel dan modul administrasi dan pendukung. Untuk modul performansi jasa dikembangkan secara keseluruhan oleh penulis sedangkan untuk modul administrasi dan pendukung, penulis mengembangkan sebagian fungsi-fungsi dari modul tersebut terutama yang berhubungan dengan modul performansi jasa. Sistem ini dibangun untuk memenuhi keperluan internal perusahaan (manajemen) yang berisi informasi mengenai laporan manajemen yang terkait dengan kegiatan-kegiatan pemasaran, performansi marketing (produksi jasa perusahaan dan pendapatan jasa perusahaan), dokumentasi hasil survey, kebijakan program/tarif, laporan bulanan, dan lain-lain. Dengan menggunakan metode strategi pengembangan sistem Model-Driven Development (MDD) untuk merancang solusi sistem informasi tersebut. Implementasi dilakukan dengan menggunakan platform aplikasi Internet Information Server (IIS) 5.0 sebagai intranet server, MSSQL Server 2000 sebagai database server dan HTML, ASP, Vbscript dan Javascript sebagai bahasa pemrograman yang digunakan juga untuk merancang antar muka dari sistem.