Setiap perusahaan umumnya memiliki beberapa divisi. Biasanya dalam suatu divisi terdapat beberapa masalah yang terjadi, diantaranya masalah mengenai kerusakan atau malfungsi dari sistem informasi atau IT yang terdapat di divisi tersebut baik hardware maupun software. Masalah tersebut juga tidak menutup masalah non IT di divisi tersebut. Aplikasi Helpdesk yang dikembangkan Nurulfikri Cipta Solusi (NCS) adalah suatu aplikasi yang digunakan sebagai media pemecahan masalah yang terjadi di dalam suatu badan atau perusahaan. Aplikasi ini menghubungkan antara user atau customer dalam divisi yang memiliki masalah dengan personel yang dapat mengatasi masalah tersebut, serta database yang berisi masalah-masalah yang pernah terjadi serta solusinya. User berkomunikasi dengan personel tersebut mengenai masalah dan memberikan feedback apakah solusi yang telah diberikan berhasil atau tidak. Personel yang bersangkutan dapat melihat solusi yang ada untuk menyelesaikan masalah berdasarkan kategori masalah yang terdapat di database. Semua proses tersebut dilakukan melalui media aplikasi Helpdesk. Aplikasi Helpdesk ini sedang dikembangkan oleh NCS, aplikasi ini terbagi menjadi beberapa modul yaitu modul customer, manager dan Personel In Charge (PIC). Sebagai ruang lingkup kerja praktek adalah melakukan reengineering dan pengembangan aplikasi tersebut disisi modul manager dan PIC. Diharapkan aplikasi yang dikembangkan dalam kerja praktek ini dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan aplikasi Helpdesk selanjutnya bagi NCS atau menjadi produk jadi.