Proses pembelajaran konversional memiliki batasan waktu, geografis, dan ketersediaan yang tegas pada penerapannya. Di Indonesia, keterbatasan tersebut mengakibatkan besarnya biaya atau usaha yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan sebuah prroses pembelajaran dengan skala nasional. Masalah ini akan dipecahkan dengan penerapan e-learning pada proses pembelajaran, dimana batasan-batasan tersebut dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan, dengan membangun sistem pembelajaran online dan prototipe grading system engine. Sistem pembelajaran online memberikan kemudahan dalam penyebaran berita, materi, dan soal, serta memberikan fasilitas kolaborasi antara pelajar dan pengajar. Sedangkan grading system menyediakan menyediakan fasilitas penilaian secara otomatis untuk jawaban yang diberikan pelajar pada suatu soal tertentu. Contoh kasus yang diambil adalah proses pembelajaran pada TOKI (Tim Olimpiade Komputer Indonesia). TOKI memiliki peserta yang tersebar di seluruh Indonesia, dimana seluruh peserta harus mendapatkan layanan yang sama. Student project ini bertujuan untuk membangun solusi sistem pembelajaran online untuk mendukung proses pembelajaran TOKI. Didalam sistem ini, diimplementasikan juga prototipe grading system engine yang bertujuan membantu penyelenggara pendidikan untuk memeriksa dan melakukan penilaian atas program peserta yang diupload sebagai jawaban untuk soal yang diberikan oleh pelatih. Metodologi pengembangan yang digunakan adalah System Development Life Cycle(SDLC). Pemodelan sistem dilakukan dengan menggunakan notasi Unified Modeling Language (UML) yang mendukung mesin program berorientasi obyek. Implementasi dilakukan dengan menggunakan database server MySQL, web server Apache, dan bahasa pemograman PHP pada server berbasis linux. Hasil dari Student Project ini adalah sebuah situs pembelajaran online dimana didalamnya diimplementasikan prototipe grading system engine.
|
|