Sebagai perusahaan jaringan restoran cepat saji, PT X menyadari bahwa lokasi adalah isu sentral dalam strategi pertumbuhan bisnis. Elemen terpenting dari lokasi adalah pengaturan jaringan restoran untuk meningkatkan penetrasi pasar di sebanyak mungkin pasar regional yang dianggap penting oleh perusahaan. PT X membutuhkan suatu location decision support system yang mampu memberikan suatu strategi lokasi optimal bagi pembangunan lokasi restoran baru. Sistem yang dibangun diharapkan dapat memfasilitasi penggunaan data-data geografis seperti demografi penduduk, retail generator, major road, barrier juga data-data spasial lainnya yang terkait dengan lokasi retail yang sudah ada, lokasi kompetitor, dan lokasi potensial. Dengan mengunakan data-data tersebut diharapkan proses pengambilan keputusan lokasi restoran baru dapat lebih efektif. Laporan ini akan menjelaskan seluruh kegiatan kerja praktek yang dilakukan oleh penulis. Kerja praktek yang dilakukan penulis adalah implementasi dari modul Manejemen Data dari Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Lokasi Baru untuk PT. X. Modul Manajemen Data berfungsi untuk membantu pengguna sistem dalam melakukan proses pengolahan data lokasi restoran PT X yang sudah ada, data lokasi kompetitor PT X, dan lokasi potensial yang telah disurvei oleh PT X. Proses pengolahan data-data tersebut meliputi: memasukkan data ke dalam basis data, menampilkan data yang terdapat dalam basis data ,mengubah data yang terdapat dalam basis data, dan menghapus data yang terdapat dalam basis data.
|
|