Staf CRM Telkomsel membutuhkan sebuah prototipe aplikasi untuk memonitor tagihan telepon pelanggan kartu Halo. Ini adalah salah satu metode awal yang sedang dan akan terus dikembangkan oleh staf CRM Telkomsel untuk mengamati perilaku pelanggan, sebagai bagian dari tugasnya untuk memelihara dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap layanan Telkomsel dan mengurangi tingkat chrum (berhentinya pelanggan). Dalam kerja praktek ini, telah di kembangkan sebuah prototipe aplikasi untuk menampilakan laporan perilaku pelanggan yang menggambarkan fluktuasi tagihan telepon pelangaan kartu halo (tagihan dikelompokkan kedalam golongan-golongan), dan laporan statistik yang mencatat jumlah golongan dan fluktuasi golongan pada setiap bulan. Pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan metode waterfall. Implementasi dilakukan dengan bahasa pemrograman PL/SQL Oracle 8.1.7i yang berjalan pada Microsoft Windows 2000 Professional. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan blackbox testing. laporan ini mendokumentasikan hasil analisa, perancangan, implementasi, dan pengujian sistem yang telah dikembangkan. Prototipe aplikasi ini hanya digunakan oleh staf CRM Telkomsel selama beberapa bulan, dan ide-ide pada aplikasi ini akan dikembangkan lebih lanjut lagi oleh staf CRM Telkomsel.