Kerja praktek yang dilaksanakan oleh penulis pada PT. TELKOM Kandatel Tangerang bertujuan untuk mengembangkan Sistem Manajemen Gangguan yang berbasis web. Sistem ini dikembangkan agar dapat dipergunakan oleh Dinas Layanan Kehandalan Jariangan (DINYANJAR) PT. TELKOM Kandatel Tangerang. Pengembangan sistem dilatarbelakangi oleh kesulitan yang selama ini dialami oleh staf dan manajer DINYANJAR dalam mengakses informasi yang lengkap sesuai kebutuhan mengenai suatu gangguan jaringan telepon dan ketidaknyamanan saat mengakses sistem. Hal ini terjadi karena sistem yang selama ini mereka gunakan, yaitu modul jaringan teknis dari Sistem Informasi Kastemer (SISKA) tidak menyediakan fitur maupun menu yang mendukung kenyamanan dalam mengakses suatu informasi. SISKA tidak menyediakan fungsi untuk menghasilkan suatu laporan rekapitulasi mengenai penanganan gangguan untuk kepentingan manajemen. Selain itu, SISKA yang berbasis teks seringkali dirasakan tidak nyaman oleh pihak manajemen saat mengakses informasi. Penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL dalam pengembangan Sistem Manajemen Gangguan. Selain itu penulis juga menggunakan Microsoft Visio dalam pembuatan diagram rancangan alur proses dan organisasi data. Rancangan organisasi data digambarkan dalam Entity Relationship Diagram (ERD) dan rancangan alur proses dan data digambarkan dengan Decomposition Diagram dan Data Flow Diagram (DFD). Sistem Manajemen Gangguan ini diharapkan dapat membantu kinerja staf DINYANJAR pada umumnya dan membantu pihak manajemen DINYANJAR pada khususnya dalam melaksanakan monitoring, analisa, dan evaluasi penanganan gangguan.