Sebuah lingkungan pembelajaran hendaknya menyediakan metode dan sarana untuk memotivasi proses belajar yang efektif. Salah satu elemen yang penting dalam sebuah lingkungan belajar adalah kemampuannya untuk menyesuaikan dengan karakteristik siswa. Dalam penelitian ini diimplementasikan sebuah prototipe lingkungan belajar berbasis web yang bersifat adaptif, dengan menggunakan teknik link hiding dan adaptive annotation. Adaptasi dilakukan berdasarkan tiga aspek, yaitu tingkat pemahaman siswa, tujuan belajar dan gaya belajar siswa. Adaptasi berdasarkan tingkat pemahaman siswa menggunakan struktur prasyarat yang dimiliki materi, untuk mencegah siswa mengakses halaman yang kemungkinan belum dapat ia fahami. Penentuan tujuan belajar dilakukan untuk membatasi siswa pada halaman-halaman materi yang relevan dengan topik yang sedang ia pelajari, sedangkan adaptasi berdasarkan gaya belajar siswa disesuaikan dengan path yang diambil siswa selama mempelajari materi, dengan tetap mempertimbangkan dua batasan yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu prasyarat dan tujuan belajar. Struktur materi yang disajikan dalam sistem ini direpresentasikan dengan dua struktur data, yaitu graph dan tree. Implementasi teknik-teknik adaptasi tersebut dilakukan dengan memanfaatkan sifat yang dimiliki graph dan tree, serta memanfaatkan algoritma-algoritma dasar graph dan tree, diantaranya yaitu breadth first search dan depth first search. viii+ 103 hlm.; 6tbl.; 34 gbr.; Bibliografi:18 (1988-1999)