Teknologi informasi sudah menjadi suatu kebutuhan dalam dunia perbankan, tidak lagi sebagai pelengkap, tetapi memegang penting dalam menunjang operasional bisnisnya. Pemanfaatan Teknologi informasi dengansasaran meningkatkan keunggulan kompetitif, efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan. Internet Banking merupakan salah satu layanan perbankan yang diharapkan mampu mencapai tujuan tersebut. Layanan Internet Banking mempunyai issu utama pada proteksi keamnan, disebabkan layanan ini berada pada suatu jaringan internet yang dapat diakses oleh publik dan myimpan data keuangan yang beresiko tinggi. Laporan proyek akhir ini membahas perencanaan dalam usaha mengelola perlindungan keamanan yang dapat diterapkan bagi layanan internet banking dengan memakai pendekatan proses pada ITIL dalam bentuk service level requirement, perencanaan, implementasi, evaluasi, pemeliharaan,kontrol serta pelaporan. Perencanaan pengelolaan keamanan dilakukan berdasar penentuan service level requirement yang sesuai dengan kebutuhan user dan diimplementaasikan pada plikasi, infrastruktur dan administrasi layanan internet banking. Sistem yang dibangun diharapkan mampu mengatsi resiko gangguan kemanan dengan berlandaskan pada requirement keamanan dan ancaman yang ada untuk menghasilkan solusi teknologi kemanan yang tepat.
|
|