PERTAMINA sebagai Badan Usaha Milik Negara yang terdiri dari beberapa divisi, dalam proses kegiatannya memerlukan proses pertukaran informasi antar divisi untuk menunjang kegiatan operasionalnya. Untuk itulah PERTAMINA bekerja sama dengan Lotus Consulting PT. Mitra Info Sarana mengembangkan Knowledge Management (KM) application framework untuk membantu proses pertukaran informasi antara divisi di PERTAMINA (dalam hal ini PERTAMINA Pusat). Permasalahan yang kemudian muncul adalah bahwa saat ini PERTAMINA kesulitan untuk memantain dan mengembangkan sistem KM yang sudah ada oleh staff divisi IT PERTAMINA. Hal ini disebabkan belum tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) dari divisi IT PERTAMINA yang menguasai software Lotus Notes untuk memantain dan mengembangkan sistem KM yang sudah ada. Disamping itu pengguna sistem KM yang lama merasakan beberapa ketidaknyamanan dalam penggunaan sistem yaitu: * Staf pengguna perlu melakukan login kembali untuk masuk sistem KM * Tampilan yang kurang user-friendly Untuk itulah maka pihak PERTAMINA memiliki keinginan untuk memodifikasi sistem KM yang telah ada untuk disesuaikan dengan kebutuhan serta kenyamanan pengguna. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis ditugaskan membuat Sistem KM yang baru versi HTML dengan fitur-fitur yang dibutuhkan sesuai denagn kenyamanan pengguna Laporan Kerja Praktek (KP) penulis secara garis besarnya mengerjakan 4 modul: Modul Discusion, Modul News, Modul Knowledge, Modul Yellow Pages. Hasil-hasil yang dicapai dalam pembangunan sistem KM yang baru kemudian diuji coba, baik oleh penulis sebagai pengembang sistem maupun oleh pihak divisi IT PERTAMINA pusat. Setelah melalui berbagai perbaikan, pembangunan sistem dapat diselesaikan dan diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat bagi PERTAMINA Pusat.
|
|